31 January 2012

GP12 Cukup Impresif Pada Uji Coba Sepang Hari Pertama

Akhirnya uji coba Sepang yang kita nantikan tiba juga. Walaupun trek sudah dibuka sejak pukul 10.00 waktu setempat, namun para pembalap baru mulai keluar pada pukul 11.15 karena trek masih basah karena guyuran hujan semalam. Keduabelas pembalap pabrikan hadir ditambah dengan dua tim CRT, yaitu tim Forward Racing dan tim BQR. Uji coba ini sekaligus menjadi pertama kalinya Ducati GP12 versi terbaru terlihat oleh publik.

Stoner yang mengalami masalah kesehatan hanya berkendara selama empat lap dan memutuskan kembali ke hotel untuk beristirahat, namun belum bisa dipastikan apakah besok Stoner bisa mengikuti uji coba hari kedua. Pembalap yang baru saja menjadi ayah ini mengalami kaku otot pada saat melakukan pemanasan pagi tadi. Sebenarnya ini adalah penyakit yang dideritanya sepanjang tahun lalu. Dovizioso yang juga mengalami cidera hanya menyelesaikan tiga putaran dan akhirnya kembali ke pit.

Berikut hasil uji coba musim dingin di Sepang pada hari pertama.

Dari tabel di atas terlihat bahwa Lorenzo menjadi yang terdepan dengan catatan waktu 2 menit 1.657 detik, hanya lebih lambat 0.195 detik dari catatan waktu tercepat yang diraih Pedrosa dalam kualifikasi Sepang 2011 yang lalu, yaitu 2 menit 1.462 detik. Crutchlow memberikan kejutan karena mampu berada di posisi ketiga mengalahkan Ben Spies yang notabene adalah pembalap pabrikan.

Sementara itu pembalap kesayangan kita, Valentino Rossi, berada di posisi kelima dengan selisih waktu 0.735 detik terhadap pembalap tercepat. Jelas hal ini adalah kemajuan yang berarti karena pada uji coba terakhir Rossi dan Ducati tertinggal sejauh 1.5 detik terhadap pembalap tercepat. Sepertinya Rossi mulai nyaman berada di atas Desmosedici, semoga seiring berjalannya waktu Rossi akan benar-benar menyatu dengan D16.
Baca Selengkapnya...

30 January 2012

Ducati Menunggu Jawaban Dari Sepang

Yang paling membuat penasaran saat ini adalah uji coba Sepang yang akan dimulai esok hari, 31 Januari 2012. Tentu saja kita sangat ingin membandingkan performa Ducati GP12 terhadap motor pesaingnya. Kita juga ingin tahu apakah akhirnya Valentino Rossi bisa menyatu dengan Desmosedici seperti yang selama ini kita harapkan.

Selain itu kita juga akan melihat apakah performa Casey Stoner tetap oke seperti sebelumnya, karena saat ini dia telah menjadi seorang ayah. Apakah dia bisa konsentrasi dalam mengendarai motornya, sementara Adriana berada di rumah. Bahkan kita bisa membayangkan Stoner hanya berkendara selama satu hari, kemudian bergegas pulang menemui istrinya. Mengingat banyaknya komponen yang bisa digunakan Honda, ketika tim melakukan presentasi pada hari ini, kita bisa bayangkan jika Stoner hanya menguji motor selama beberapa lap dan setelah memutuskan bahwa semua terasa baik, dia bisa pulang ke Negeri Kangguru.

Sejujurnya sih kita tidak terlalu tertarik dengan apa yang akan dilakukan oleh Pedrosa. Pembalap berkebangsaan Spanyol ini telah memberikan pandangan mengenai apa yang harus ditawarkannya. Kita semua tahu kalau dia sangat cepat, termasuk diantara yang tercepat di planet ini, tapi kedatangan Stoner membuat cahaya Pedrosa meredup. Jika Pedrosa ingin kembali mengambil alih pimpinan tim, maka dia harus berbuat lebih daripada Stoner. Terlebih dengan adanya Stefan Bradl yang menunggang Honda tim satelit pada tahun ini dan Marc Marquez yang siap naik kelas pada tahun 2013 nanti, tentu saja Pedrosa harus berhenti memberi janji dan mulai memberikan bukti atau dia akan tergeser dari tim pabrikan Honda.

Sebaliknya kondisi di Yamaha juga merupakan salah satu yang menarik perhatian. Apakah akhirnya Yamaha bisa memberikan M1 yang benar-benar kompetitif kepada Lorenzo? Karena sejak kepergian Valentino Rossi, kelihatannya pabrikan yang berpusat di Iwata Jepang ini agak mengendorkan usahanya untuk membangun motor yang kompetitif. Ataukah mereka sudah cukup puas dengan kesuksesan berturut-turut mereka raih dalam tujuh tahun belakangan ini, selain itu mungkin juga karena situasi ekonomi yang sedang memburuk dan tidak adanya sponsor utama lagi yang mau menggelontorkan dana buat Yamaha. Roda memang berputar, apakah ini menandakan mulai berakhirnya kejayaan Yamaha. Let see! :)

Sedikit ketegangan dalam paddock Yamaha adalah dengan kedatangan Andrea Dovizioso. Jelas Dovi mengincar kursi di tim pabrikan Yamaha yang saat ini ditempati oleh Ben Spies. Dovi memang belum fit 100% pada uji coba Sepang nanti, tapi kita akan melihat aksinya mulai seri pembuka di Qatar nanti, apakah Dovi layak untuk mengambil alih tempat Spies.

Perhatian juga akan tertuju pada Colin Edwards dan tunggangan barunya, Suter-BWM. Pembalap Texas ini memberikan daftar panjang peningkatan yang akan dilakukan dalam uji coba Valencia mendatang, terutama pada piranti elektronik. Mari kita perhatikan apakah gap antara motor CRT dengan motor prototype akan semakin membesar ataukah mampu merapat.

Kita bertanya-tanya, kenapa walaupun setelah penantian lebih dari satu tahun, kebanyakan tim CRT masih belum juga siap untuk melakukan uji coba. Jelas kita melihat kelemahan dari kategori baru ini dan hal ini menjadi bukti kalau usaha Dorna untuk mempersulit pabrikan Jepang dan pabrikan Ducati hanyalah memberikan keuntungan kepada pabrikan lain, yaitu Aprilia. Jelas hal ini akan menjadi masalah di masa yang akan datang dan hal ini tentu tidak akan dibiarkan begitu saja oleh Honda, Yamaha, dan Ducati.

Solusi yang bijaksana hanya bisa dicapai jika FIM memutuskan untuk kembali memimpin MotoGP, termasuk dalam hal membuat peraturan balapan. Membiarkan FIM didikte semaunya oleh Dorna bukan hanya salah, tapi juga membuat MotoGP terlihat buruk. Saat ini Vito Ippolito yang merupakan presiden FIM hanya memiliki sedikit pengaruh, bahkan saking sedikitnya Ippolito hanyalah berlaku sebagai pengamat.

Dua belas motor prototype bukanlah sekedar alarm belaka, namun adalah raungan sirine agar MotoGP segera dibenahi.
Baca Selengkapnya...

28 January 2012

Rossi: MotoGP Harus Tetap Prototype

Apakah kamu cemas situasi akan seperti kelas Superbike dengan pernyataan Ezpeleta bahwa semua peserta MotoGP di tahun 2013 adalah tim CRT?

"Ini agaknya terlalu awal untuk memberikan komentar. Pastinya balapan bisa menjadi lebih menarik, tapi dalam level teknis tidak akan menarik. Menurutku malah masalah terbesar dari motor yang ada saat ini adalah memerlukan suntikan dana yang sangat besar apalagi dengan kondisi ekonomi yang tidak baik saat ini. Semua tim tidak punya lagi sumber daya seperti sebelumnya. Seharusnya motor dibikin jangan terlalu canggih sehingga tidak terlalu mahal, namun tetap menarik untuk di lihat di trek dan dikendarai. Tapi motor tersebut harus tetap prototype, bukan mesin berbasis produksi."

"Hal yang positif dari motor 1000cc ini pastinya adalah mesin, itu hal yang aku sukai dan kenyataannya lebih baik daripada mesin sebelumnya. Pastinya lebih menyenangkan karena kamu akan lebih banyak sliding di tikungan."

Rossi yang memenangkan ketujuh gelar juara dunia MotoGP dengan menggunakan motor bersasis twin spar aluminium memberikannya pandangan mengenai sasis baru yang digunakan oleh Ducati.

"Sasisnya tidaklah buruk, tapi kita harus membangunnya. Kami harus meningkatkan sisi pengereman, karena aku harus mengerem lebih keras dan lebih lambat, dan kita juga harus meningkatkan traksi saat akselerasi. Filippo memiliki banyak ide dan sekarang kita punya sedikit waktu untuk mengaplikasikannya sebelum uji coba akhir bulan nanti."

Sebelum menggunakan sasis berbahan carbon fiber, Ducati menggunakan sasis steel trellis untuk mesin MotoGP mereka.
Baca Selengkapnya...

25 January 2012

Guareschi: GP12 Adalah Murni Prototype

"Tentu saja kami harus mendapatkan hasil yang baik pada tahun ini. Mungkin kita tidak akan langsung menang, tapi tentu saja kita akan bertarung untuk mendapatkan podium. Kita harus mulai dari awal lagi. GP12 adalah murni prototype. Kami telah melakukan semua uji coba yang memungkinkan dengan GP11.1 dan kami mengumpulkan data banyak sekali untuk mendesain motor yang benar-benar baru."

"Kami telah mencapai batas setelan tertinggi dengan motor lama dan kami harus melewati batas tersebut sehingga bisa memberikan beberapa perubahan yang signifikan. Hal ini hanya bisa dilakukan jika kita mendesain ulang keseluruhan motor, karena modifikasi ringan tidak akan cukup. Contohnya adalah sasis asli sengaja dibangun sebagai rumah bagi mesin tertentu pada saat itu. Jika kami menginginkan keleluasaan lebih dalam merubah setelan, maka kami harus merubah tempat mesin. Sepanjang musim lalu Valentino terus meminta perubahan, tapi untuk memperbaiki keadaan kami harus memindahkan beberapa bagian yang vital, dan hal ini jauh lebih rumit daripada sekedar modifikasi ringan."

Sekali lagi perlu ditekankan bahwa Valentino Rossi dan timnya merupakan bagian penting dari proses pengembangan Ducati.

"Hingga akhir musim lalu, Valentino dan anggotanya sudah setahun dalam mempelajari Ducati dan walapun kami melalui banyak masa yang sulit, akhirnya kami muncul dengan lebih kuat dan lebih bersatu. Kami melalui masa tersebut dengan baik, walaupun hasil yang belum memuaskan di lapangan."

Sebelumnya Rossi menyatakan bahwa dia ingin tetap berada di Ducati, tapi harus diakui bahwa apapun bisa terjadi karena sejumlah kontrak para pembalap papan atas di MotoGP yang berakhir pada akhir musim 2012 ini.

"Aku akan kecewa jika ada pergantian pada anggota tim. Saat ini kita mungkin tidak terlihat hebat, tapi ketika hasilnya kelihatan nanti, maka tidak seorang pun yang ingin berpindah tim."

"Kita akan memerlukan generasi penerus dan Moto2 memiliki beberapa pembalap yang bagus dan masih muda. Di samping Marquez, aku juga suka dengan Scott Redding. Di kelas Moto2 dia lebih lambat karena ukuran tubuhnya, tapi aku rasa dia bisa cukup cepat di atas motor MotoGP. Aku juga berharap dengan kedatangan CRT bisa membantu pembalap muda naik kelas ke kelas premier."

"Kami masih berfikir mengenai komponen elektronik yang semua orang ingin ada pembatasan. Hal ini bisa dilakukan dengan tetap membiarkan beberapa parameter tertentu disetel, seperti injeksi dan waktu pembakaran. Kamu juga bisa membatasi putaran mesin. Masa depan olahraga ini adalah kembali ke masa lalu seperti ketika terjadi kompetisi yang sengit dengan banyak motor di grid. Tapi kita harus melakukan hal ini tanpa menghilangkan peluang untuk riset dan pengembangan, karena hal tersebutlah yang menjadi asalan yang mendasari partisipasi kami. Kita perlu peraturan yang membatasi performa dan memungkinkan untuk menghemat biaya."
Baca Selengkapnya...

21 January 2012

Press Release Ducati Setelah Shakedown Jerez

Setelah melakukan uji coba selama tiga hari di Jerez, Ducati mengeluarkan press release.

"Tim uji coba Ducati yang dikepalai oleh Direktur Teknis, Filippo Preziosi, telah menyelesaikan uji coba selama tiga hari di sirkuit Jerez de La Frontera Spanyol dengan Carlos Checa dan Franco Battaini serta Vittoriano Guareschi yang berada di paddock selaku Manajer Tim."

"Kedua pembalap telah menyesaikan 'shakedown' pada GP12 yang dalam dua pekan lagi akan diuji oleh pembalap resmi kami, Valentino Rossi dan Nicky Hayden."

"Selama ketiga hari tersebut, dengan cuaca yang dingin namun kering, program kerja dilakukan tanpa ada masalah apapun, sehingga tim bisa menyelesaikan semua daftar kerja dalam persiapan menjelang dimulainya uji coba musim dingin di Sepang, Malaysia dari tanggal 31 Januari sampai tanggal 2 Februari 2012."

Pastinya pernyataan yang dirilis oleh Ducati di atas tidak memuat detail mengenai tes yang telah mereka lakukan dan hal ini membuat kita menjadi semakin penasaran. Ya, jadi misteri masih berlanjut! Membuat kita harus menunggu hingga akhir bulan untuk bisa mengetahui lebih detail dari GP12.

Sekedar info, Alex Briggs di Twitter menyebut uji coba motor Ducati terbaru ini sebagai "Operation Phoenix". Dalam dua minggu ke depan kita akan melihat Desmosedici terbaru kembali belajar terbang.
Baca Selengkapnya...

19 January 2012

Nanoteknologi Membuat Ponsel Anti Air

Salah satu brand untuk produk nanoteknologi yang mulai masuk ke industri telekomunikasi adalah HzO. Dari namanya saja kita sudah bisa menebak kalau HzO adalah pelesetan dari H2O, dan benar, HzO maju dengan brand WaterBlock miliknya yang membuat ponsel tahan air.

Produk ini tidaklah seperti pelindung ponsel yang biasa kita temukan di pasaran, melainkan partikel berukuran nano (seperseribu mikro) yang melapisi komponen ponsel. Coba kita lihat video di bawah yang menjelaskan bagaimana cara kerja WaterBlock hasil kreasi HzO dalam melindungi piranti elektronik ponsel.



Tentu saja teknologi ini adalah solusi jitu yang akan menggeser produk casing anti air yang tidak terlalu cocok untuk diaplikasikan pada ponsel. Teknologi pastinya tercium oleh produsen ponsel besar yang sedang meroket seperti Samsung. Kabar yang berkembang yaitu Samsung tertarik untuk melapisi ponsel flagship mereka dengan HzO WaterBlock.

Dengan adanya teknologi ini maka kita tidak perlu khawati kalau ponsel terjatuh ke dalam bak mandi, atau tertinggal di dalam pakaian dan masuk ke dalam mesin cuci. Namun efek buruknya adalah membuat kita teledor dan cenderung tidak menjaga ponsel.

Finally, silakan menikmati video berikut. Tapi ingat, don't try this at home lho..! :D

Baca Selengkapnya...

Menelusuri Sasis dan Mesin Ducati Terbaru

Tidak berhenti pada artikel sebelumnya, Preziosi terus memberikan informasi yang dapat sedikit meredakan dahaga para fans yang sangat penasaran mengenai motor baru Ducati.

Dalam hal sasis, apakah akan ada update terbaru lagi dalam waktu dekat?

"Kita telah bekerja pada pengembangan ke depan yang akan diperkenalkan pada uji coba musim dingin di Jerez ataupun pada balapan pertama musim ini."

Kenapa kamu meninggalkan calbon fiber?

"Seperti yang telah kita lihat, perbedaan antara kedua material ini tidaklah terlalu besar. Pemilihan salah satu bahan diantara keduanya itu tergantung pada tujuanmu dan bentuk fisik yang ingin kamu bangun dan kembangkan. Pada saat ini, jika berpatokan pada tingkat kemudahan penyetelan, maka bahan aluminium adalah solusi terbaik."

Apakah ini artinya kita bisa saja melihat kembalinya mesin sebagai load bearing untuk motor Ducati di MotoGP?

"Aku tidak akan menampik kemungkinan itu, tapi pastinya hal itu tidak akan terjadi di musim depan."

Bagaimana dengan mesin dan girboks? Kabarnya sudut V antar silinder menyempit?

"Sudut V antar silinder tetap menjadi rahasia kami sebagaimana dengan pabrikan lain. Mengenai posisi mesin, sasis baru ini akan memberikan kebebasan lebih bagi kami, dan kami telah memindahkan mesin ke tempat yang paling tepat."

Apakah kamu senang dengan performa mesin 1000cc terbaru?

"Akan ada cukup tenaga, bahkan dengan mesin 800cc saja ada beberapa sirkuit yang hanya bisa mengeluarkan tenaga penuhnya pada trek lurusnya, apalagi ini. Lebih dari soal horsepower, yang paling banyak berubah adalah pada torsi mesin."

Apakah motor itu nantinya akan lebih lembut dan lebih mudah digunakan?

"Pada dasarnya mesin 1000cc dengan diameter yang identik dengan mesin 800cc akan lebih mudah digunakan, walaupun ini adalah karena adanya piranti elektronik. Dari sudut pandang itu, kami telah mentransfer banyak teknologi, sementara itu kami juga sedang bekerja keras pada pengembangan proyek baru dan kita akan memiliki beberapa motor baru di Sepang."

Bagaimana dengan faktor pembalap? Simak pada artikel berikutnya.

Silakan tinggalkan pesan di Facebook page
Baca Selengkapnya...

17 January 2012

Menguak Rahasia All New Ducati Dari Preziosi

Filipo Preziosi memberikan banyak penjelasan mengenai persiapan motor Ducati, namun beberapa detail akan terungkap seiring dengan berjalannya waktu.

"Dari sudut pandang jurnalis, motor ini tidaklah terlalu menarik. Malahan GP Zero yang digunakan di Valencia sebelumnya lebih terlihat inovatif secara visual. Motornya nanti akan dilengkapi dengan rangka aluminium twin-spar, lengan ayun berbahan carbon fiber, dan secara eksternal akan terlihat seperti model sebelumnya."

Apa yang berbeda pada bagian dalam fairing?

"Sejumlah komponen baru pastinya lebih banyak dari yang kita lihat di Valencia dimana saat di Valencia kami membangun motor dengan menggunakan komponen lama dengan tujuan untuk memahami keuntungan menggunakan rangka twin-spar, sementara komponen lainnya tetap sama. Pada motor baru nanti, komponen lama yang tetap dibawa hanyalah front end dan rear end. Sasis akan berubah, mesin juga berubah, tangki bahan bakar berbeda, dan swingarm baru. Semua dengan tujuan memberikan kita kemudahan untuk memodifikasi setiap parameter kunci dari geometri motor."

Maksudnya dalam hal apa?

"Selama musim lalu, kami telah melakukan serangkaian uji coba yang membimbing kami untuk menyetel motor pada batas maksimum proyek tersebut. Kami tetap menggunakan setelan ekstrim sehingga feedback dari para pembalap kami mampu memberikan petunjuk pada kami. Jadi kami meningkatkan jangkauan setelan kami ke arah yang kami butuhkan. Setelan motor baru nanti akan dimulai dengan pada pertengahan jangkauan tersebut. Bagian yang paling sulit adalah mengetahui yang mana yang bisa membuat motor jadi lebih kompetitif dan mengesampingkan hal lainnya."

Memangnya seperti apa musim 2011?

"Pekerjaan yang sangat sulit, tapi kami telah mengumpulkan banyak informasi disertai dengan program uji coba yang jelas. Semua ini diakhiri dengan debut GPZero di Valencia. Itu merupakan uji coba yang sangat penting sehingga memungkinkan kita untuk menetapkan tujuan proyek untuk motor baru. Para pembalap kami juga akan mencoba GPZero di Sepang nanti, jadi mereka bisa membuat perbandingan."

Kamu merevolusi keseluruhan proyek hanya dalam beberapa bulan. Apakah kamu pernah berfikir kalau kamu itu sangat sibuk?

"Kami menghadapi tantangan yang sangat sulit. Untuk memperoduksi motor dari konsep hingga balapan pertama biasanya memakan waktu 2 tahun, tapi jadwal kami berbeda karena kebutuhan dan kami percaya diri kalau itu akan berhasil. Ini adalah pilihan yang berani, tapi tidak mustahil dan Ducati telah memperlihatkan kalau mereka bisa melakukannya."

Apakah motor yang digunakan di Sepang nanti juga versi laboratorium?

"Tidak, aku harapkan ini akan menjadi model dasar, walaupun kami tetap akan memberikan beberapa update komponen selama berjalannya musim balap, tapi tidak ada yang terlalu radikal. Selama uji coba musim dingin ini kami harus menetapkan dasar yang solid, jadi kami tidak perlu menggunakan balapan sebagai sesi latihan seperti yang tahun lalu kami lakukan. Dari sudut pandang ini, regulasi membantu kami dengan memberikan tambahan hari uji coba dengan pembalap pabrikan."

Apakah tim satelit akan memulai musim 2012 ini dengan motor baru ataukah dengan GPZero?

"Sebagaimana filosofi kami, kami akan memberikan motor yang pastinya berfungsi dengan baik. Jadi mereka akan memulai musim dengan menggunakan GPZero walaupun dengan beberapa modifikasi."

Pekan depan akan ada uji coba di Jerez dengan Franco Battaini dan Carlos Checa. Nah, motor manakah yang akan mereka kendarai?

"Mereka akan menggunakan motor yang paling menarik."

Ini artinya motor baru Ducati akan dijajal oleh Battaini dan Checa di Jerez. Semoga motor ini memiliki performa yang yahud. Kita tunggu komentar dari kedua test rider ini.
Baca Selengkapnya...

15 January 2012

Semua Siap Menyongsong Uji Coba Sepang

Hanya dua minggu menjelang uji coba Sepang yang akan digelar pada tanggal 31 Januari 2012 nanti, dengan 3 hari waktu yang tersedia bagi para pembalap untuk mencicipi evolusi terbaru dari masing-masing pabrikan mereka. Hingga saat ini sih semua pabrikan yang memproduksi mesin prototype telah mengkonfirmasi kehadiran mereka pada uji coba Sepang nanti. Namun hanya akan ada 12 motor prototype yang terdiri dari tim pabrikan dan tim satelit yang akan berpartisipasi. Hal ini tentunya akan diperburuk jika Dovi dan Hayden yang baru-baru ini mengalami cidera tidak cukup fit untuk ikut dalam uji coba nanti, berarti hanya akan ada 10 motor prototype yang beredar di lintasan Sepang.

Untungnya Dovi yang baru pindah ke Yamaha Tech 3 ini optimis bahwa hasil operasinya sukses dengan menginformasikannya melalui Twitter bahwa dia bisa mengikuti uji coba Sepang.


"Aku hampir sebaik semula. Sekarang aku sedang melakukan rehabilitasi dan aku bakalan siap untuk uji coba di Malaysia."

Selain menyapa penggemarnya, Dovi juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Valentino Rossi atas doa kesembuhan yang telah diberikan Sang Legenda kepadanya. Semoga saja ini mengakhiri kontroversi diantara kedua pembalap Italia ini.

Nicky Hayden yang juga dalam masa penyembuhan mengungkapkan dalam event Wrooom kalau dia siap untuk melakukan uji coba di Sepang. Sementara itu Jorge Lorenzo yang harus meninggalkan 3 balapan terakhir musim lalu karena cidera pun kita sudah fit untuk berkendara di Sepang.

Sebagai informasi, mantan juara dunia MotoGP 2011 ini baru saja lulus dari ujian tertulis untuk mendapatkan SIM roda dua, sebaliknya SIM Hector Barbera baru saja dicabut karena tertangkap berkendara dalam keadaan mabuk. Barbera bisa nebeng sama Lorenzo-lah nanti :)

Silakan tinggalkan pesan di Facebook page.

Baca Selengkapnya...

12 January 2012

Wrooom Minus Ducati

Kita harus menunggu beberapa pekan lagi untuk melepaskan rasa penasaran kita mengenai Ducati Desmosedici terbaru. D16 terbaru ini tidak akan hadir di padang salju Madonna di Campiglio pada acara Wrooom seperti biasanya. Hal ini sebenarnya tidaklah terlalu mengejutkan karena semua orang tahu kalau Ducati sedang mempersiapkan motor baru mereka agar bisa selesai tepat waktu untuk diturunkan pada uji coba di Sepang pada 31 Januari nanti.

Pada bulan November yang lalu, Filippo Preziosi juga pernah mengatakan seperti ini.

"Kamu hanya akan bisa melihat Desmosedici baru di Malaysia nanti. Itu akan menjadi motor yang digunakan oleh pembalap kami pada musim depan (2012). Motor yang digunakan pada uji coba di Valencia hanyalah versi "laboratorium", yang digunakan dalam mengumpulkan data untuk membangun desain yang sebenarnya."

Setelah melihat rangka aluminium twin-spar, kebanyakan perubahan akan terjadi di balik fairing. Rumor yang beredar mengenai perubahan orientasi pada mesin V4 90 derajat untuk merubah distribusi berat motor hingga merubah sudut silinder, meninggalkan tradisi yang selama ini dianut teguh oleh Ducati. Hanya waktulah yang akan menjawab.

Semoga perubahan yang super radikal ini akan membawa Rossi kembali ke jalur kemenangan.
Baca Selengkapnya...

11 January 2012

All New Ducati Akan Hadir Setelah Wrooom

Hanya beberapa hari setelah tahun baru, tepatnya tanggal 9 Januari yang lalu menjadi pembukaan event tahunan Wrooom yang digelar di Madonna di Campiglio, dimana seluruh anggota tim dari Ducati dan Ferrari hadir dalam merayakan pembukaan musim balap baru bagi Ducati.

Dalam event ini kita akan melihat Ferrari membawa mobil F1 yang akan mereka gunakan dalam menghadapi musim ini, namun tidak demikian dengan Si Merah yang berasal dari Borgo Panigale. Desmosedici dijadwalkan akan dirilis kepada media pada tanggal 3 atau 4 Februari nanti di sebuah resort ski di kawasan Fiorano.

Kabar berhembus bahwa Desmosedici yang akan dipakai tahun ini merupakan penjelmaan dari GPZero dengan perubahan posisi mesin dalam rangka twin-spar aluminiumnya. Dengan berkiblat pada 1198 Panigale, Desmo dikabarkan akan mengusung mesin dengan konfigurasi L bersudut 90º yang diputar sedikit mundur, sehingga menjadikan sudut V lebih rapat, menjadi sekitar 75º. Ini akan menjadikan Ducati lebih mirip dengan sejumlah konfigurasi yang digunakan oleh kompetitornya.
Baca Selengkapnya...

08 January 2012

Lorenzo: Rossi Akan Bertarung Untuk Menjadi Juara Dunia

Yamaha M1 merupakan winning bike pada musim 2010, tapi pada musim 2011 yang lalu Honda kembali mengambil alih kompetisi dengan menghadirkan motor yang sempurna. Berikut komentar Lorenzo mengenai Honda RC212V.

"Honda RC212V lebih bagus daripada Yamaha. Motor itu memiliki akselerasi dan traksi yang lebih bagus, dua karakteristik itulah yang membuatnya lebih unggul setiap keluar dari tikungan. Sementara M1 lebih bagus saat masuk tikungan, tapi tidak cukup untuk bertarung pada posisi yang sama. Kelihatannya tidak akan banyak perbedaan performa dengan mesin 1000cc, mungkin karena lebih banyak torsi di putaran bawah."

Lorenzo yang sebelumnya tidak mengikuti uji coba Valencia karena cidera harus menunggu sampai uji coba akhir bulan ini untuk mengetahui bagaimana performa Yamaha M1 yang akan digunakan pada musim 2012 ini.

"Yamaha memiliki pendekatan pengembangan yang sangat terbuka, mereka mengambil umpan balik dari semua pembalap, bahkan pembalap dari tim satelit."

"Pembalap biasa yang akan bertarung mengejar gelar juara dunia adalah diriku, Stoner, Pedrosa, Spies, Dovizioso dan Rossi. Mungkin juga ada kejutan dari Bautista di Honda."

Lorenzo juga mengharapkan Rossi kembali kompetitif dan bersaing melawannya dalam mengejar gelar juara dunia.

"Kita sedang membicarakan seorang pembalap yang telah memenangkan sangat banyak balapan, jadi aku fikir dia bisa kembali kompetitif kapanpun. Salah jika meremehkan dia. Di uji coba Valencia kita melihat Ducati yang lebih kompetitif dan sekarang Rossi memiliki satu tahun pengalaman dengan motor tersebut. Menurutku kombinasi Rossi dan Ducati akan lebih cepat dibandingkan sebelumnya."

Satu nama yang sayangnya hilang dari daftar di atas adalah Marco Simoncelli.

"Semua orang merindukan Marco, aku fikir takdir membawa beberapa beberapa elemen yang mustahil secara bersamaan dengan cara yang tidak diharapkan. Sebagai pertimbangan bahwa insiden itu terjadi pada salah satu trek terlebar di dunia yang mana seharusnya lebih menjamin keamanan dan keselamatan, tapi malah sebaliknya."

Tahun depan kita akan melihat debut CRT dan Lorenzo memiliki pandangan yang realistik mengenai hal ini.

"Memiliki lebih dari 20 motor dalam grid MotoGP merupakan hal yang positif, tapi juga ada beberapa aspek negatif, seperti adanya pembalap-pembalap yang kurang berpengalaman di kelas premier. Kita harus berhati-hati terhadap mereka, dan semoga saja mereka akan menyatu dengan baik. Aku tidak tahu persis perbedaan catatan waktu antara MotoGP dengan CRT, mungkin kita akan menyalip mereka pada pertengahan jarak balapan, mungkin juga tidak. Kita lihat saja. Secara pribadi aku lebih suka ada banyak pabrikan di kelas ini, tapi di masa lalu kita telah melihat bahwa hal ini tidak menjamin bisa balapan yang menarik. Aku suka cara yang ditempuh MotoGP saat ini, tapi kita butuh lebih banyak pembalap dan balapan yang lebih menarik."

Baca Selengkapnya...

05 January 2012

Checa: Ban Adalah Masalah di MotoGP

Carlos Checa yang baru dinobatkan menjadi juara dunia WSBK, memiliki pengalaman balap yang banyak sekali pada berbagai jenis mesin yang berbeda. Jadi sangat logis jika Ducati meminta opininya mengenai kondisi motor Desmosedici saat ini. Pembalap asal Spanyol ini pertama kali mencicipi Desmosedici di Valencia pada bulan November tahun lalu dan dia akan kembali mencobanya pada bulan Januari ini. Saat ditanyakan kepada Checa, pembalap bernomor tujuh ini menunjuk pada Bridgestone karena banyaknya masalah yang dihadapi oleh tim dan juga MotoGP secara umum.

"Bagiku kelihatannya bahwa ban bertanggungjawab pada kurang serunya balapan di MotoGP dan menjadi alasan beberapa pembalap terjatuh tanpa tahu apa penyebabnya."

Berbicara lebih spesifik mengenai Ducati, Checa memberikan komentar secara detail.

"Banyak perbincangan mengenai motor dan sasis, tapi perbedaan yang nyata pada kategori ini datangnya dari ban. Ban Bridgestone super kaku, sulit untuk memahami limitnya dan sayangnya motor dibangun berbasiskan ban. Jika hal ini tidak berubah maka motor akan terus tidak menyenangkan dikendarai, sulit untuk dipahami dan mudah crash. Ketika kamu tidak memahami dimana batas ban tersebut, maka akan sangat sulit untuk membangun sebuah motor. Masalah di Ducati bukanlah pada sasis, mereka sudah merubahnya empat kali dan hasilnya selalu saja sama. Jadi masalahnya adalah ban."

Kita lihat pada uji coba musim dingin akhir Januari nanti, bagaimana reaksi dari Bridgestone.
Baca Selengkapnya...

01 January 2012

The Doctor Tidak Menyesal Hijrah Ke Ducati

Valentino Rossi tidak pernah menyesal karena kepindahannya ke Ducati belum berbuah manis. Dalam debutnya bersama Desmosedici, Rossi gagal mendapatkan satu kemenangan pun dalam satu musim. Ini adalah pertama kalinya terjadi dalam 16 tahun karir Rossi di balapan Grand Prix. Rossi hengkang dari Yamaha setelah kemenangannya yang ke-46 dan empat tropi juara dunia. Kebanyakan menganggap bahwa Ducati sama seperti motor Jepang, sehingga ekspektasi tinggi pun diberikan kepada Rossi. Ternyata motor Italia ini memiliki karakter yang sangat berbeda dari motor Jepang.

"Terkadang aku menyesali keputusanku, tapi ketika aku mulai berfikir lebih dalam ternyata itu adalah sesuatu yang harus aku coba, jadi bagiku itu bukanlah suatu kesalahan. Daya tarik tantangan ini masih besar dan aku masih merasa demikian."

"Lebih baik mencoba dan mengalami masalah daripada tidak pernah mencoba sama sekali dan penasaran di sisa hidupku. Aku membalap dan akulah yang mengambil keputusan dalam karirku seperti ini, serta aku gembira karena itu."

"Jadi apapun yang terjadi aku tidak menyesal. Yang pertama kali kecewa tentunya adalah diriku sendiri dan semua orang yang bekerja bersamaku, dan aku tahu kalau para fans menunggu dan berharap hasil yang jauh lebih baik."

"Terkadang di masa lalu aku bisa memulai balapan dari posisi 11, tapi masih bisa memenangkan balapan. Maka pada tahun ini ketika aku berada pada situasi yang sama, mereka mengharapkan dan berfikir bahwa keadaan memungkinkan untuk melakukan hal yang sama."

"Tapi aku berharap seperti ini. Aku sangat sedih karena telah mengecewakan semua fans, tapi kisah ini belum berakhir. Ini akan sulit tapi kita hanya bisa melakukan dengan lebih baik."

"Bagiku musim seperti ini membantuku menjadi lebih kuat. Musim seperti ini tidak merubah perasaanku mengenai masa depanku. Aku ingin tetap di MotoGP beberapa tahun lagi dan aku diyakinkan bahwa aku bisa kembali ke puncak dan bertarung untuk posisi yang penting."

"Tentu saja tidak mungkin untuk mendapatkan 11 kemenangan dalam satu musim, tapi aku masih bisa sering berada di atas podium."

"Target pertamaku adalah mencoba kembali ke atas dengan Ducati dan kami harus melakukan ini. Kita tidak bisa mengakhiri kisah ini seperti ini dan kita harus membawa Desmosedici ke tingkatan yang baik dan membuat motor lebih dekat ke Honda dan Yamaha."
Baca Selengkapnya...

Arsip Sobat46