22 November 2013

Posisi Sujud Sangat Baik Bagi Kesehatan

Sujud merupakan suatu posisi yang merupakan salah satu dari rukun salat yang wajib dilaksanakan minimal sebanyak lima kali dalam sehari. Walaupun tujuan dasarnya bukanlah untuk olahraga, namun posisi sujud ini memberikan banyak keuntungan bagi tubuh jika ditinjau dari sisi medis.

Dalam hadis yang dirawikan oleh Ibnu Majah, Rasulullah SAW pernah menyebutkan bahwa salat merupakan obat bagi banyak penyakit. Faktanya demikian, bahwa seseorang yang melaksanakan salat secara reguler di masjid akan dilindungi dari banyak penyakit yang bahkan dia sendiri tidak mengetahuinya.

Namun sujud yang bagaimana yang diharapkan pada salat? Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik r.a., Rasulullah SAW pernah menasihati agar seorang muslim melakukan rukuk dan sujud dengan benar, yaitu melakukannya dengan tenang dan bangun hanya ketika badan sudah tenang saat melakukan rukuk dan sujud.

Jika dibandingkan dengan semua posisi, sujud merupakan satu-satunya posisi di mana posisi otak yang berada di dalam kepala lebih rendah daripada posisi jantung, sehingga aliran darah menuju otak menjadi sangat lancar dan mengalir dengan tekanan penuh. Bahkan pada posisi berbaring pun posisi otak masih lebih tinggi dari jantung, sehingga jantung harus bekerja lebih keras melawan gaya gravitasi untuk mengirimkan darah ke otak.

Peningkatan suplai darah  ke otak sebanding dengan peningkatan nutrisi yang disuplai dan memberikan manfaat dalam meningkatkan memori, penglihatan, pendengaran, konsentrasi, psikologis dan kemampuan kognitif lainnya. Orang yang melakukan salat secara teratur akan memiliki lebih banyak tenaga dan lebih bisa bertahan dalam menghadapi kesulitan hidup dengan cara yang lebih baik. Bukan hanya itu, orang yang melakukan solat secara teratur juga memiliki tingkatan yang lebih rendah dalam mengalami sakit kepala, masalah psikologis dan penurunan fungsi kognitif lainnya.

Hal di atas merupakan salah satu kebesaran Allah SWT yang sudah seharusnya kita ambil sebagai pelajaran yang berharga. Perintah yang diberikan oleh Allah selalu untuk kebaikan manusia itu sendiri dan tidak pernah melebihi batas kemampuan hamba-Nya.

Semoga kita diberi keringanan dan kemudahan untuk melaksanakan salat dan dianugerahi kekhusyukan dalam menjalankan salat.
Baca Selengkapnya...

20 November 2013

Marquez di Mata Lorenzo dan Pedrosa

Walaupun mendapatkan kritikan dari Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa atas gaya berkendara yang agresif, mereka tetap mengangkat topi untuk Marc Marquez yang pada akhirnya berhasil mendapatkan gelar MotoGP pertamanya di Spanyol.

Lorenzo yang merupakan rival terberatnya mengakui bahwa rookie world champion muda ini hanya memiliki sedikit titik kelemahan sehingga cukup menyusahkan para pembalap yang lebih berpengalaman sekalipun.

Berikut komentar Lorenzo.

"Titik kekuatan Marc menurutku adalah talenta dan ambisinya. Dia sangat ambisius dan selalu ingin di depan, sehingga tidak pernah santai. Sementara titik kelemahannya tidak banyak dan sangat sedikit, tapi mungkin dia memiliki gaya membalap yang berbeda jika dibandingkan dengan aku. Aku lebih presisi dan konsisten, sementara dia kurang presisi."

Lain halnya dengan Dani Pedrosa yang merupakan rekan satu tim Marquez di Repsol Honda. Menurutnya kemauan dan kebulatan tekad merupakan kombinasi untuk mencapai kemenangan pada musim pertama Marquez di kelas premier. Berikut komentar Pedrosa.

"Kebulatan tekad dan talenta merupakan senjata bagus untuk MotoGP. Marquez memperlihatkannya dengan baik pada setiap balapan. Tapi tentu saja dia berkendara on the limit. Dia terlihat seperti selalu akan crash! Tapi ternyata tidak. Dia bisa mengontrol limit tersebut. Titik lemahnya aku pikir adalah pengalaman yang masih sedikit."

"Selamat untuk Marc dan Jorge. Ini sangat menarik. Kita bertiga mengumpulkan lebih dari 300 poin dan itu cukup mengesankan. Biasanya tidak seketat itu. Aku pikir kita semua menjalani musim yang bagus."
Baca Selengkapnya...

17 November 2013

Manfaatkan Ponsel Berkameramu!

Foto merupakan salah satu cara yang efektif untuk menyampaikan pesan. Oleh sebab itu kita mengenal pribahasa "a picture is worth a thousand words".

Saat ini hampir semua telepon seluler (ponsel) keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan kamera yang cukup memadai untuk mengambil gambar.

Nah, dengan berbekal ponsel berkamera kamu bisa melakukan banyak hal, mulai dari yang sangat bermanfaat hingga hal-hal sepele. Berikut beberapa diantaranya:

1. Foto peta antar kota untuk touring, jika ponsel tidak dilengkapi oleh GPS ataupun kekhawatiran tidak adanya akses internet di perjalanan nanti.



2. Ada hal yang unik yang kamu temui di luar sana. Contohnya ketika menjemput kargo di bandara, ternyata ada anjing lucu yang didandani layaknya manusia.



3. Sudah jam pulang, tapi Anda tidak bisa ceklok seperti biasanya karena mesin ceklok terkunci. Hal yang sangat jarang terjadi. Unik bukan?! Foto saja!



4. Sedang browsing menggunakan laptop, ada tiket murah untuk liburan bersama teman-teman pada tahun ini. Beritahu temanmu! Ingin screenshot dan mengirimkannya via email, tapi kamu tidak mengetahui email-nya. Foto saja!



5. Ada hal unik ketika kamu berkendara di jalan, yang kira-kira tidak bisa kamu jumpai setiap hari? Foto saja! Tapi hati-hati, karena mengeluarkan ponsel dan mengambil foto saat berkendara sangat tidak disarankan. Utamakan keselamatan Anda dan ponsel Anda!



6. Menemukan info penting di koran yang mungkin akan bermanfaat di masa yang akan datang, tapi tidak ada alat tulis untuk mencatatnya kembali. Foto saja!



7. Ingin mengabadikan karya temanmu sebelum kalian berpisah karena ditugaskan ke cabang yang berbeda? Foto saja karya beserta penciptanya!


Baca Selengkapnya...

14 November 2013

Kesabaran Marquez di Valencia Akhirnya Membuahkan Hasil

Mengingat balapan penutup musim 2013 di Valencia kemarin, kita melihat bahwa Marquez jauh berbeda dari biasanya. Marquez pun merasakan hal yang sama dan dirinya sesungguhnya ingin sekali bertarung dengan Lorenzo.

Beruntung Marquez bisa menahan keinginannya tersebut sehingga tidak terjebak ke dalam permainan Lorenzo yang berpotensi membuatnya harus kehilangan gelar juara dunia yang hampir dalam genggamannya.

Berikut komentar Marquez pascabalapan di Sirkuit Ricardo Tormo yang menjadi saksi atas direbutnya tahta MotoGP dari Jorge Lorenzo.

"Aku sangat gugup dan kaku di atas motor pada sepuluh lap pertama. Aku tidak bisa berkendara dengan gayaku seperti biasa karena Jorge dan Dani sedang bertarung di depan semua fans dan sulit sekali rasanya untuk menunggu di posisi ketiga."



Kita tahu bagaimana mentalitas Marquez yang selalu ingin fight dan memberikan pertunjukan yang menarik, namun tidak kali ini. Karena Marquez memiliki prioritas yang jauh lebih penting, yaitu untuk mendapatkan gelar MotoGP pertamanya.

"Sesuatu di dalam diriku mengatakan 'kamu harus bertarung'. Untung aku cukup pintar dan paham bahwa kejuaraan jauh lebih penting daripada satu balapan saja."

"Aku langsung ke posisi pertama setelah Jorge dan Dani melebar, namun aku berpikir 'OK, kamu duluan' ketika aku mendengar suara motor Jorge. Karena aku melihat dia bertarung dengan sangat keras pada hari ini dan ini bukanlah pertarunganku. Kita punya banyak balapan lagi di masa yang akan datang."

"Aku merasa bahwa ini adalah balapan terpanjang dalam karierku. Terutama pada lap terakhir aku sangat berhati-hati. Aku tidak terlalu push pada saat balapan, beruntung dengan itu aku bisa finish di posisi ketiga."
Baca Selengkapnya...

13 November 2013

Silvano Galbusera adalah Kepala Mekanik Baru Rossi

Yamaha akhirnya mengumumkan bahwa Silvano Galbusera akan menjadi crew chief baru Rossi pada musim 2014 nanti. Galbusera sebelumnya adalah crew chief bagi Marco Melandri yang membalap di World Superbike untuk Yamaha dan BMW.

Galbusera memulai kariernya di balap motor sejak tahun 1979 bersama Gilera, selama 14 tahun dirinya bekerja pada kejuaraan dunia kelas 250cc dengan pembalap seperti Alessandro Gramigni dan Paopo Casoli.

Bukan hanya itu, Galbusera juga sekaligus bekerja di Reli Afrika seperti Paris-Dakar bersama Michele Rinaldi hingga kemudian pindah ke Cagiva pada tahun 1994 dan bekerja di kejuaraan dunia 500cc bersama John Kocinski.

Pada tahun berikutnya Galbusera berkerja bersama Yamaha memegang dua peran, baik crew chief maupun direktur teknis di World Superbike dan World Supersport hingga tahun 2011. Galbusera pernah membimbing Troy Corser, Noriyuki Haga, Cal Crutchlow dan Ben Spies, kemudian pada tahun 2012 dan 2013 bekerja dengan Melandri di tim BMW Superbike. Berikut komentar Galbusera.

"Aku ingin berterima kasih kepada Yamaha dan Valentino atas kesempatan besar untuk bisa bekerja bersama juara tingkat tinggi dengan banyak gelar. Aku senang kembali lagi ke keluarga Yamaha dan mendapatkan kesempatan pada tim yang sukses seperti ini dan selalu berada di atas."

Sementara itu Burgess juga memiliki segudang prestasi dengan mengantarkan para pembalapnya untuk mendapatkan 13 gelar di kelas premier yang terdiri dari 7 gelar bersama Rossi, 5 gelar bersama Doohan dan 1 gelar dengan Wayne Gardner.

Rossi tidak berencana untuk mengganti mekaniknya, bahkan mempersilakan jika ada mekaniknya yang ingin berpisah darinya karena sudah tidak ada Burgess. Tahun 2014 adalah tahun terakhir dari kontrak Rossi bersama Yamaha dan Rossi akan memutuskan pada awal tahun depan nanti apakah dia akan terus membalap di MotoGP.
Baca Selengkapnya...

11 November 2013

Marc Marquez, Juara Dunia MotoGP 2013

Juara dunia baru MotoGP, Marc Marquez, menyebut kesuksesannya di Valencia sebagai mimpi yang menjadi nyata. Marquez tidak larut dalam permainan Lorenzo yang bertujuan agar Marquez melakukan kesalahan.

Taktik awal Lorenzo adalah untuk memperlambat balapan dan berduel wheel to wheel dengan Marquez, ternyata rencana ini gagal karena serangan Dani Pedrosa yang bertubi-tubi dan sangat agresif mengacaukan taktiknya. Akhirnya Lorenzo kembali meningkatkan pace untuk menjemput kemenangannya yang kedelapan di musim ini.

Sementara itu Marquez berkendara dengan sangat tenang yang menunjukkan kedewasaannya dan akhirnya menyelesaikan balapan di podium dan menjadi rookie pertama yang mendapatkan gelar juara dunia sejak 'King' Kenny Roberts pada tahun 1978 silam.

Selamat untuk Marc Marquez, semoga bisa meneruskan jejak Rossi.
Baca Selengkapnya...

09 November 2013

Burgess, Mekanik Paling Sukses pada Balapan Grand Prix

Burgess merupakan kepala mekanik paling sukses dalam sejarah balap motor Grand Prix dan sudah menemani Rossi sejak debut Rossi di kelas premier pada tahun 2000 dan dari garasi membantu Rossi mengumpulkan gelar juara dunia sebanyak 7 kali.

Sebelum itu Burgess juga pernah membantu Mick Doohan dalam mendapatkan 5 kali gelar juara dan Wayne Gardner sebanyak satu kali. Pria berkebangsaan Australia ini juga pernah bekerja dengan pembalap kawakan seperti Randy Mamola, Ron Haslam, dan Freddie Spencer.

Burgess mengawali kariernya di dunia Grand Prix bersama Suzuki. Burgess yang kini berumur 60 tahun juga pernah bekerja di Honda bersama para mekaniknya, yaitu Bernard Anciau, Alex Briggs, dan Gary Coleman selama 21 tahun hingga akhirnya mengambil keputusan yang beresiko tinggi dengan pindah mengikuti Rossi ke Yamaha pada tahun 2004.

Ternyata keputusan yang dilakukan Burgess tepat dan bersama Rossi berhasil membalikkan nasib Yamaha yang motornya hanya mampu sekali naik podium pada musim sebelumnya (2003) dan langsung menjadi menyabet gelar juara dunia setelah paceklik gelar berkepanjangan sejak tahun 1992. Rossi memenangkan gelar juara dunia MotoGP dari tahun 2001 hingga 2005, kemudian menambah koleksi gelarnya pada tahun 2008 dan 2009.

Selama kariernya di kelas tertinggi, Burgess hanya dua kali absen dalam menemani Rossi balapan. Yaitu ketika dirinya harus pulang ke Australia untuk menemani istrinya yang sakit pada tahun 2011. Setelah balapan Valencia besok sore, Burgess akan resmi berpisah dengan Rossi dan hingga saat ini belum diumumkan siapa yang akan memimpin kru mekanik Rossi pada saat uji coba penutup musim nanti.
Baca Selengkapnya...

08 November 2013

Valentino Rossi akan Berpisah dengan Jeremy Burgess

Setelah 14 musim bersama, akhirnya hubungan kerja sama antara Jeremy Burgess sebagai kepala mekanik Valentino Rossi akan berakhir seiring dengan berakhirnya Grand Prix Valencia yang menutup musim 2013 ini. Berikut komentar Rossi.

"Betul bahwa Jeremy tidak akan menjadi kepala mekanikku tahun depan. Ini adalah keputusan yang sangat sulit untukku karena aku memiliki sejarah yang hebat bersama Jeremy. Dia tidak hanya sekedar kepala mekanikku, dia juga seperti bagian dari keluarga. Seorang ayah pada saat balapan."

"Tapi aku sudah memutuskan bahwa aku harus merubah sesuatu untuk mendapatkan motivasi baru dan dorongan baru agar dapat meningkatkan level dan kecepatanku. Aku pikir ini akan menjadi balapan terakhir kami bersama Jerry."

Rossi mengungkapkan bahwa keputusan ini telah dibuatnya lima hari yang lalu, namun dia harus menunggu hingga Valencia untuk memberitahu Burgess secara langsung.

"Kami bicara hari ini secara man to man, face to face. Tahun depan akan sangat penting dan aku butuh motivasi baru. Pada beberapa balapan terakhir aku merasa ingin bekerja dengan cara yang berbeda. Yamaha sudah memintaku beberapa saat yang lalu, namun aku baru memutuskannya belakangan ini."

Hingga saat ini belum diumumkan siapa kepala mekanik yang akan menggambil alih posisi Burgess.
Baca Selengkapnya...

05 November 2013

Kesempatan Terakhir Marquez untuk Mengambil Tahta dari Lorenzo

Black flag di Phillip Island dan dikalahkan oleh Lorenzo di Jepang membuat selisih poin dengan Lorenzo merosot drastis dari 43 menjadi hanya 13 poin menjelang balapan penutup yang akan digelar di Valencia akhir pekan ini. Namun walaupun Lorenzo bisa memenangkan balapan, Marquez hanya perlu mendapatkan posisi keempat untuk bisa membawa pulang tropi juara dunia MotoGP pertamanya.

Kejuaraan memang masih terlihat dalam genggaman Marquez, namun kondisi high pressure, cuaca yang sulit diprediksi di Valencia serta layout sirkuit tidak bisa diremehkan. Marquez harus belajar dari Valencia title showdown pada tahun 2006 ketika Nicky Hayden bisa membalikkan keadaan dan menjadi juara dunia setelah unggul delapan poin setelah Valentino Rossi terjatuh saat balapan. Berikut komentar Marquez.

"Senang rasanya punya waktu satu minggu di rumah setelah tiga pekan berlalu, setelah kecelakaanku di Motegi (saat warm up) aku melakukan rehabilitasi otot leher sebagai langkah antisipasi untuk balapan dan sekarang kondisinya jauh lebih baik."

"Aku menjalani balapan yang bagus di Valencia sebelumnya. Aku selalu mencoba memberikan yang terbaik disana. Aku punya kenangan yang indah dari balapan Moto2 tahun lalu, tapi cuaca juga menjadi faktor yang harus dipertimbangkan karena sangat mudah berubah. Aku tidak sabar lagi untuk kembali ke garasi dan naik motor!"

"Jelas kami tahu risiko apa yang bisa terjadi pada Grand Prix penutup musim tapi seperti biasanya kami akan memakai pendekatan yang seperti biasanya dipakai pada balapan lain dan bekerja keras dari hari Jumat serta melakukan yang terbaik."

Semoga balapan penutup musim 2013 nanti kita akan melihat Marquez mengikuti jejak yang pernah ditorehkan oleh 'King' Kenny Roberts dengan menjadi pembalap yang memenangkan gelar juara dunia di musim perdananya.
Baca Selengkapnya...

02 November 2013

Positive Thinking dalam Berkendara

Jika kamu adalah salah satu ksatria jalanan yang berkendara dengan berapi-api dan emosi di dada, kamu beruntung karena membaca artikel yang tepat. Tapi jika kamu seorang pengendara yang kalem, tips and tricks ini juga dapat membantu apabila suatu saat emosi hinggap di dada.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengontrol emosi negatif di jalan yang ditimbulkan baik oleh oleh lingkungan internal maupun eksternal. Dengan teknik yang berikut, berikutnya kamu akan lebih menikmati perjalanan.

1. Jangan terburu-buru

Berhentilah terburu-buru dan mulailah bersantai. Kalkulasikan waktu yang dibutuhkan untuk berkendara  dan tambahkan waktu ekstra 10 menit untuk setiap 15 hingga 30 menit perjalanan normal.

Jadi kita berkendara tanpa perlu melihat jam. Kalau perlu simpan jam tangan di dalam saku, tempel plester nontransparan di jam yang ada di mobil dan jangan curang dengan mendengarkan siaran radio yang memberitahu pukul berapa saat ini. Pada dasarnya, jika kita ingin lebih cepat sampai tujuan, maka berangkatlah lebih awal.


2. Fokus pada perjalanan daripada tujuan

Terkadang kita hanya berfokus pada jalan di depan kita, pada tikungan berikutnya, dan mengambil lajur yang membuat kita tetap ngebut. Ya, kita seperti sedang balapan! Ternyata kita melupakan hal yang sesungguhnya, yaitu perjalanan. Hidup itu adalah sebuah perjalanan, bahkan pergi ke toko atau mengantar anak sekolah merupakan perjalanan. Tujuan selalu datang silih berganti, tapi perjalanan selalu kita alami namun sayangnya jarang kita nikmati. Jadi bersantailah dalam berkendara, lihat orang di sekeliling kita, pemandangan, kejadian yang baru saja kita lewati dan kita akan jauh lebih santai.


3. Bayangkan kita di posisi pengendara lain

Kita sering melihat anak muda ngebut pada kondisi lalu lintas yang padat serta bergerak zigzag dari satu lajur ke lajur lainnya tanpa memberi sinyal. Di sisi lain juga mudah untuk menemukan pengendara yang bergerak lambat meski berada di lajut cepat sekalipun. Tentu hal ini sangat mudah memancing amarah kita dan melontarkan makian. Kita bisa saja berteriak sambil melotot, "Hoy, Kampret! Naik motor yang bener!" atau "Minggir, bego! Ini lajur cepat, tau!"

Tapi bukan itu yang kita inginkan, untuk mengahadapi para pengendara seperti ini kita bisa membayangkan bagaimana seandainya kita berada di posisi mereka dan orang lain melakukan hal itu kepada kita. Tentu sangat menyakitkan, bukan?!

Berikut adalah beberapa komentar yang membuat kita jauh dari emosi. Bagi pengendara yang sontoloyo dan ngebut tak menentu di jalan, kita bisa berkomentar seperti ini:

"Wow, sakti juga tuh anak! Saingan sama The Doctor."
"Mungkin dia lagi mules berat, pengen boker dan udah mau mbrojol tuh, makanya buru-buru!"


Bagi pengendara lambat yang berada di lajur cepat, ini komentar kita:

"Hebat! Udah bangkotan gitu masih bisa nyetir sendiri."
"Semoga ntar pas aku jompo juga masih bisa berkendara sendiri."



4. Hilangkan ego dari dalam diri

Terkadang kita merasa lebih penting, lebih perlu lebih cepat daripada pengendara lain. Sehingga yang sering muncul dari mulut adalah makian seperti ini:

"Minggir, Setan!"
"Kamu menghalangiku!"
"Aku bisa telat ke kantor."
"Aku benci dengan pengendara seperti kamu!"
"Kamu tidak akan bisa menyalipku. Tidak akan!"


Marilah kita berbagi dengan pengendara lain. Berkendaralah dengan penuh kerendahan hati. Jangan berpikir bahwa kita memiliki hak yang lebih tinggi daripada pengendara lainnya. Kita adalah pengguna jalan dengan hak yang sama seperti mereka. Jadi saling menghargai lebih baik, lebih baik lagi kalau kita bisa memaklumi.


5. Mereka bukan musuh

Musuh adalah orang yang kamu yakin akan membahayakanmu dengan sengaja. Masalahnya kita sering menganggap bahwa pengguna jalan lain adalah musuh, padahal mereka hanyalah orang asing. Mereka bahkan tidak peduli dengan kita, mereka hanya peduli dengan urusan mereka sendiri. Walaupun mereka acap kali menyusahkan kita, namun tetap bukan musuh, kan?!

Sebagai contoh: Kamu sedang berkendara dengan kecepatan tinggi di jalan dimana tidak ada mobil lain di sekitarmu. Di depan sana kamu melihat sebuah truk di sisi jalan yang sedang menunggu untuk masuk ke lajurmu. Sesaat kamu mendekati truk tersebut, tiba-tiba supir truk tersebut memotong lajurmu dan seketika berada di depanmu sehingga kamu harus mengerem dan banting stir ke lajur lain agar tidak menabrak truk tadi.

Kenapa dia membahayakanmu dan dirinya sendiri dengan tiba-tiba masuk ke lajurmu, bukannya menunggu hingga kamu melintas? Apakah dia melakukannya dengan sengaja? Apakah dia menunggu waktu yang tepat untuk muncul di depanmu, berharap bisa mengejutkanmu dan membuatmu kecelakaan? Ataukah dia tidak tahu bagaimana cara safe driving? Jika kita memilih jawaban pertama, maka kita akan dipenuhi oleh emosi negatif, namun jika kita berpikir kalau dia hanyalah supir yang tidak tahu bagaimana cara berkendara yang baik, maka kita tidak akan terjebak emosi yang ditimbulkan oleh situasi yang tidak bersahabat. Ingat, kita selalu punya pilihan terhadap bagaimana cara merespon terhadap keadaan.

Selamat mencoba dan selamat berkendara! =)
Baca Selengkapnya...

Arsip Sobat46