03 December 2014

Mari Belajar Grammar Bahasa Arab

Assalaamualaikum Wr. Wb.

Anda sudah sering membaca Al-Quran, tapi tidak tahu artinya? Mungkin kebanyakan dari kita terjebak dalam rutinitas membaca Al-Quran tanpa berusaha memahami artinya, oleh sebab itu maka bacalah terjemahan Al-Quran, walaupun hal itu tentu saja belum akan memuaskan keingintahuan Anda mengenai intisari dari Al-Quran. Sebab para ulama mengatakan bahwa untuk bisa memahami dan menikmatinya, maka kita harus memahami bahasa aslinya, yaitu bahasa arab. Anda sudah sering mengkhatamkan Al-Quran tapi masih merasa belum memiliki pemahaman yang baik terhadap Al-Quran? Atau Anda memang memiliki keinginan kuat untuk memahami Al-Quran? Semoga Anda memang memilih jawaban yang terakhir, karena dengan memahami Al-Quran akan lebih memudahkan kita dalam menyerap, merenungkan dan mengaplikasikan perintah Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya.

Terkadang kita menghabiskan 10 hingga 20 tahun atau bahkan lebih untuk mempelajari ilmu dunia yang hanya akan bermanfaat 30 hingga 40 tahun dalam kehidupan kita, tetapi kita merasa malas untuk mempelajari ilmu agama islam yang merupakan bekal kita untuk di kehidupan di masa yang akan datang yang abadi seperti yang dijelaskan dalam Al-Quran. Cobalah menuliskan daftar aktivitas kita dalam satu hari, kita akan terkejut jika membandingkan porsi waktu yang telah kita habiskan untuk menyiapkan kehidupan dunia ternyata jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan waktu yang kita sisihkan untuk mempersiapkan kehidupan akhirat kita nanti. Semoga Allah memberikan rahmat dan hidayah-Nya agar kita bisa meluangkan waktu lebih banyak untuk mempelajari agama Allah.

Dengan demikian, jika Anda ingin meningkatkan pemahaman terhadap Al-Quran, coba simak beberapa pelajaran dari video Arabic Grammar for Understanding the Quran yang terdiri dari 6 episode yang berdurasi antara 30 menit hingga 1 jam 15 menit. Insya Allah banyak ilmu yang akan Anda dapatkan.

Bahasa pengantar yang digunakan dalam video adalah bahasa inggris. Jika Anda memiliki kemampuan dasar dalam bahasa arab dan Anda memiliki kemampuan listening bahasa inggris yang cukup baik, maka video ini akan sangat bermanfaat bagi Anda. Apalagi jika sebelumnya Anda pernah mempelajari nahwu dan shorof dan kini telah lupa karena sudah lama tidak digunakan, maka video ini dapat kembali menyegarkan kembali memori Anda dan kini Anda bisa memahami Al-Quran dengan lebih baik.

Semoga bermanfaat!
Wassalaamualaikum Wr. Wb.