02 January 2010

Sambaran Halilintar

Tanggal 27 Desember, Pekanbaru diguyur hujan lebat. Alam benar-benar menampakkan keganasannya, petir menggelegar dan berusaha menyambar alat-alat listrik yang terhubung ke stopkontak (hahay..Cikiciw..!). Biasanya kalo ujan lebat gini, semua alat listrik dicabut dari sarangnya (soketnya, hehe), kecuali kulkas dan pompa air. Oh ya, kabel telepon juga jangan lupa dicabut untuk menghindari sambaran petir yang usil. Karna pengalamanku, petir telah merusak 2 unit pesawat telepon di rumahku (Jadi kolektor telpon rusak dah, wakakakak).

Tanggal 27 emang apes seperti nomornya Stoner (#27). Saat aku lagi menikmati tidur siangku dengan udara sejuk, tiba-tiba aku dikejutkan dengan suara petir yang menggelegar. Sontak aku terbangun, tapi tidur lagi (asyik..!!). Sorenya aku nyalain laptop, berniat untuk browsing melihat berita terbaru dari dunia MotoGP. Saat aku ingin nyolokin adaptor modem ke stopkontak, betapa kagetnya aku. Lha koq adaptor modemku masih tertancap di soket listrik. Aku kaget setengah bingung (begitulah kira-kira ekspresiku saat itu), karna aku selalu mencabut adaptor modem setelah internetan.

Aku coba nyalain modem, eh lampu indikatornya menyala redup. Trus modem dan adaptornya pun cepat panas dan ngeluarin bau khas (bau papan sirkuit terbakar, haruuum.!!). Padahal biasanya gak pernah gitu lho. Ternyata betul beberapa kali aku coba, modemnya lemes dan gak mau nge-ping ke server. Malemnya aku coba lagi. Alhamdulillah, ternyata modemnya rusak. Hehehe...

Ya sudahlah, tinggal beli baru aja koq repot (kan gitu kata Gus Dur!). Satu kali kesalahan saja ternyata bisa fatal akibatnya. Ini merupakan pelajaran berharga (berharga 300 ribu buat beli modem baru, hahaha), bukan hanya dalam urusan elektrikal - tapi juga dalam segala hal. Jadi lakukanlah sesuatu yang benar dengan cara yang benar.