28 January 2011

Domenicali: "Vale Akan Menjadi Konsultan Ducati"

Claudio Domenicali - Direktur Umum Ducati Motor
Claudio Domenicali memberi pandangannya mengenai masa depan Rossi. Pabrikan yang berpusat di Bologna ini sedang melalui fase penting dalam sejarahnya. Sebelumnya Presiden Ducati, Del Torchio, mengumumkan bahwa infrastruktur produksi baru akan dibangun pada tahun 2012 dan kali ini Domenicali kembali menekankan mengenai periode positif yang sedang dinikmati perusahanan ini.

"Walaupun Ducati mengalami penurunan penjualan sebesar 13% disemua jenis motor besar, namun ada growth sebesar 5%. Hal ini merupakan hasil yang positif bagi perusahaan kita. Untuk meneruskan trend ini, sekarang kami sedang bekerja pada motor baru yang akan hadir pada tahun depan. Diantaranya adalah motor sport, dan ini akan lebih dekat pada filosofi inti Ducati dari produk yang pernah ada sebelumnya."

Domenicali adalah seorang pembalap, mekanik, dan penyuka motor besar.

"Balapan adalah hal penting bagi Ducati. Teknologi kita saat ini dan yang pada masa yang akan datang berasal dari sana. Contohnya pada 1198, traksi kontrol dan sistem injeksinya didapatkan langsung dari hasil kerja yang telah dilakukan oleh Filippo Preziosi dan para staff MotoGP. Beberapa teknik sasis kami juga berasal dari sana. Kedatangan Rossi penting bagi kami. Dia adalah orang yang sangat suka terhadap motor dan kedekatannya dengan proyek Ducati dapat menguntungkan kedua belah pihak. Aku yakin bahwa Valentino akan membantu kami dalam mengembangkan motor produksi masal. Memiliki motor yang diuji oleh pembalap sekaliber Rossi merupakan hal positif."

Hal ini juga mengandung makna bahwa pengembangan yang terjadi mungkin akan terlihat setelah Rossi meninggalkan Ducati, mengingat jangka waktu desain dan proses pengembangan yang dilakukan memang membutuhkan waktu lama.

"Memang benar bahwa beberapa produk kami butuh waktu hingga dua tahun untuk mencapai pasar, tapi beberapa bisa muncul lebih cepat. Aku juga berbicara mengenai setelan, posisi berkendara, pemetaan mesin (engine mapping) dan bahan bakar, semuanya sedang dikerjakan. Pengembangan ini bisa bisa jadi siap dalam waktu satu tahun."

Arsip Sobat46