11 December 2010

Android v2.3 a.k.a Gingerbread Belum Cukup Matang

Android v2.3 Gingerbread sudah keluar, tapi lagi-lagi terjadi ketidakpastian mengenai kapan para user bisa melakuka update pada gadget kesayangan mereka. LG menjadi yang pertama yang ragu mengenai kapan para penggunanya bisa melakukan update, sementara Samsung belum memutuskan nasib firmware untuk Galaxy S. Hal ini memang sangat menyakitkan, karena sudah terjadi untuk yang kedua kalinya.

Baru aja kemari LG mengumumkan di Facebook kalau Optimus One tidak akan mendapatkan update Gingerbread, karena prosesornya yang hanya 600MHz.

Hari ini LG kembali mengeluarkan pengumuman di website resminya bahwa informasi pada hari sebelumnya adalah terlalu dini, sementara nasib Optimus One sendiri belum diputuskan. LG sedang menunggu Official Gingerbread Compatibility Definition Document dan mengatakan bahwa mereka akan mengumumkan rencana mengenai upgrade setelahnya.

Samsung merasakan hal yang sama mengenai line-up Galaxy S yang menjadi best-selling mereka. Perusahaan Korea ini akan menunggu persyaratan secara resmi, dan akan melakukan riset apakah Gingerbread akan memperngaruhi performa keseluruhan gadget, sehingga mereka bisa memutuskan untuk memberikan update atau tidak.

Pada waktu yang sama, Samsung India mempublikasikan berita pada akun Twitter resminya bahwa Galaxy S akan memperoleh update Gingerbread. Hah, bagaimana pula ini?!

Seperti yang sudah disebutkan di awal - suatu kekacauan - sama seperti yang terjadi pada Froyo, bahkan mungkin saja kali ini akan lebih buruk. Kapan tanggal pastinya masih tidak ada gambaran. Anehnya mengapa Samsung tidak mendapatkan informasi teknis dan Gingerbread tahap awal yang telah dikembangkan, secara Samsung memproduksi Nexus S yang mengusung Android v2.3? Tanya kenapa?!

Arsip Sobat46