10 December 2010

Gardner: "Kesalahan Besar Menganggap Remeh Rossi"

Wayne Gardner merupakan seorang pembalap yang teliti dan sangat agresif, sehingga dia merupakan salah satu pembalap kelas berat di eranya. Di usia tuanya yang sudah lebih dari 50 tahun, dia masih kembali ke trek balap secara teratur untuk mengetes motor balap era terkini, sama seperti teman-teman seangkatannya. Foto disamping diambil di Valencia pada tahun 2007, dimana Gardner yang berdiri di tengah, diapit oleh Kevin Schwantz dan Randy Mamola. Saat itu Gardner mencoba mengendarai motor Ducati Desmosedici GP7 yang digunakan Stoner untuk menjuarai MotoGP musim 2007, tepatnya 20 tahun setelah Gardner menjadi juara dunia GP500.

Dengan segudang pengalaman, Gardner membagi opininya mengenai debut Valentino Rossi dalam kostum merah Ducati, dan perkiraannya mengenai Rossi di tahun 2011.

"Kelihatannya hampir semua media Italia telah meremehkan Valentino Rossi untuk musim 2011 hanya dengan berpatokan dengan hasil debut pada awal bulan lalu. Mereka menganggap pindahnya Rossi ke Ducati merupakan keputusan yang salah dan tahun depan akan menjadi kekecewaan besar. Percaya deh, tipe berfikir seperti ini adalah salah besar - terang juara dunia 500cc pada tahun 1987 ini - Ketika kebanyakan orang menduga Rossi akan langsung cepat ketika berada di Ducati, aku tidak heran kalau hal itu tidak terjadi. Aku pernah mengendarai motor Ducati MotoGP sebelumnya, dan aku tahu kalau itu adalah motor yang sangat aneh. Perlu waktu dan butuh teknik yang sama sekali berbeda untuk mengendarainya dengan cepat. Apakah Rossi kaget bagaimana motor bereaksi ketika dia menurunkan kaki? Mungkin, tapi kita belum dengar langsung komentar dari Rossi. Camkan kata-kataku: Rossi dan timnya akan melakukan penyetelan yang diperlukan. Orang cenderung melupakan dengan cepat apa yang telah dicapainya dan betapa hebatnya dia. Orang cenderung mengabaikan peluangnya terlalu dini, dan hal yang sama ternyata terjadi lagi sekarang. Ya, tahun 2011 akan menjadi suatu tantangan. Dengan semakin sedikitnya latihan yang diperbolehkan pada saat ini, tekanan akan berada di pihak pabrikan untuk segera mendapatkan desain baru pada bulan mendatang. Vale mungkin saja sedikit kesulitan dalam beberapa lomba pertama karena kurangnya waktu latihan, tapi ini cuma masalah waktu sebelum semua berjalan pada kondisi normal."

"Bagian yang penting adalah seberapa cepat pabrikan dapat merespon permintaan Rossi akan perubahan tambahan dan aku yakin mereka telah mengantisipasi hal ini. Jika saja Rossi harus menunggu hingga tahun depan untuk mencoba motor, maka tahun 2011 mungkin akan sedikit menjadi bencana. Jadi mesin untuk tahun depan akan mengakomodasi permintaan yang telah Rossi identifikasi. Simpelnya adalah realitas bahwa akan membutuhkan waktu untuk menyelesaikannya."

Arsip Sobat46