12 December 2010

Review Musim 2010 Dari Manajer Tim Ducati Marlboro

Vittoriano Guareschi mengingat kembali musim pertamanya sebagai Manajer Tim Ducati dalam sebuah wawancara spesial penutup musim ini, dengan mendiskusikan performa Casey Stoner dan Nicky Hayden sepanjang musim 2010.

"Tahun ini sedang-sedang aja untuk kami. Kami kesulitan pada awalnya, membuang beberapa kesempatan bagus, tapi pada akhirnya kami bisa kembali. Kami memulai musim ini dengan GP10 yang memiliki mesin yang tak pernah digunakan sebelumnya, yaitu versi big bang yang sangat kontras dengan versi screamer yang telah dipakai pada tahun sebelumnya. Kami harus bekerja pada setingan untuk Casey dan membuat motor sefamiliar mungkin untuknya," kata Guareschi yang kemudian berkomentar mengenai musim balap 2010 yang telah dilalui oleh Stoner.

"Pada awal hingga pertengahan musim, kami tidak bisa mengambil potensi penuh dari mesin kami. Mulai di Aragon kami menemukan setingan yang memuaskan Stoner, sehingga kami menjadi pemain utama. Kalau aja seperti ini dari awal musim, pastinya kami menjadi salah satu yang bersaing untuk mendapatkan gelar juara dunia pada akhirnya."

Fokus dialihkan ke sisi lain dari pit box Ducati, Guareshi mengomentari Hayden: "Hayden telah meningkatkan performanya jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Dia langsung suka pada motor 2010 dan aku pikir kami juga telah melakukan pekerjaan dengan baik terhadap Hayden. Nicky juga mengalami pasang surut, mungkin dia terjatuh terlalu banyak sehingga kehilangan poin, tetapi kami juga membangun hubungan yang baik antara Hayden dengan tim, dan kami berharap banyak pada tahun 2011."

Tahun depan adalah tahun yang sangat ditunggu karena Valentino Rossi bergabung dengan Ducati. "Kami memasang target tinggi untuk tahun depan. Kami tahu kalo Valentino selalu menang di atas semua motor yang pernah dikendarainya. Ini akan menjadi sangat sulit, karena rival kami juga kuat. Ada Lorenzo yang merupakan juara dunia, Dani Pedrosa dan pastinya Casey yang ingin menang lagi. Kami tahu seberapa kuat dia, karena kami pernah melakukannya bersama," kata Guareschi.

"Kami harus memanfaatkan tim dengan sebaik-baiknya, tapi saat ini kami telah mengembangkan sesuatu yang pada awalnya adalah mimpi dan kini menjadi kenyataan. Kami harus mengikuti ini dan menang, walaupun ini juga akan menjadi tujuan dari rival-rival kami."

"Tidak akan ada tekanan, karena fans tahu bagaimana sulitnya untuk menang. Mereka juga tahu sebanyak apa yang Valentino sudah menangkan dan sebanyak apa juga yang telah kami capai. Jika setiap orang bekerja dengan baik, pasti hasilnya akan datang. Sampai saat ini, Valentino selalu meningkatkan motornya, seperti di Honda dan Yamaha. Nicky tahu seberapa kuat teman barunya dan dia sadar bahwa bersama Rossi mereka dapat membantu dalam mengembangkan motor. Dia ingin membuat Desmosedici menjadi lebih baik dan dia tahu kalau bersama Valentino di sampingnya hal itu bisa dicapai."

Arsip Sobat46