03 November 2010

Fakta Dibalik Madu dan Lebah (Bagian 1)


Madu.. Madu.. Senyumnya manis, semanis madu.. Well, bukan senyuman seorang gadis yang akan kita bicarakan, tetapi fakta yang ada di balik madu dan lebah.
Tahukah Anda...?
  1. Madu tidak pernah membusuk. Jadi tidak perlu di dinginkan di dalam kulkas. Madu bisa disimpan dalam keadaan tertutup, pada suhu ruangan di dalam lemari yang kering tanpa batas waktu.
  2. Madu adalah salah satu makanan tertua dalam sejarah kehidupan manusia. Pernah ditemukan dalam kuburan King Tut dan masih dapat dimakan karena madu tidak akan membusuk.
  3. Madu lebih manis 25% daripada gula dapur karena kadar fruktosa yang tinggi.
  4. Madu tercipta ketika lebah mencampurkan nektar - zat manis yang dikeluarkan oleh bunga - dengan enzim yang ada pada tubuhnya sendiri.
  5. Untuk membuat madu, lebah menjatuhkan nektar ke dalam sarang lebah dan menguapkannya dengan cara mengipaskan sayap mereka.
  6. Madu memiliki rasa dan warna yang berbeda, tergantung pada lokasi dan jenis bunga yang dikunjungi lebah. Kondisi iklim pada suatu daerah juga mempengaruhi rasa dan warnanya.
  7. Untuk menjaga agar sarang mereka tetap kuat, peternak lebah harus meletakkannya di lokasi yang banyak terdapat sumber nektar dan air.
  8. Saat ilmu biologi dan botani belum berkembang, manusia berfikir bahwa madu merupakan hal yang ajaib karena berasal dari nektar suatu bunga.
  9. Lebah madu tetap menjadi misteri sains yang besar karena tidak berubah selama 20 juta tahun, walaupun dunia di sekitar mereka berubah.
  10. Lebah telah memproduksi madu selama 150 juta tahun terakhir ini.
  11. Lebah madu belum dikenal di Amerika hingga penduduk Spanyol, Belanda, dan Inggris memperkenalkannya pada akhir abad ke-17.
  12. Apakah Anda tahu bahwa lebah memiliki 4 sayap?
  13. Sayap lebah madu bergerak 11.400 kali per menit, inilah yang menghasilkan dengungan khas lebah.
  14. Seekor lebah terbang dengan kecepatan 12 mil/jam, setara dengan 19,2 km/jam.
  15. Berapakah jumlah mata yang dimiliki lebah madu? Lima. Ya, Lima.
  16. Ratu lebah sangat sibuk pada saat musim panas, ketika sarang harus berada pada kekuatan maksimumnya. Dia akan meletakkan sekitar 1000 hingga 1500 telur per hari.
  17. Pada musim dingin lebah-lebah hanya akan meninggalkan sarangnya untuk membersihkan sarangnya. Mereka sangat memperhatikan kebersihan sarangnya.
  18. Lebah madu tidak mati pada musim dingin. Mereka hidup dengan menggunakan madu yang telah mereka kumpulkan selama musim panas dan sengan sabar menunggu datangnya musim semi. Mereka membentuk kerumunan yang rapat di dalam sarang mereka untuk menjaga agar ratu dan diri mereka tetap hangat.
  19. Untuk menyediakan cukup energi bagi koloni kecil lebah dalam menghadapi musim dingin, diperlukan 17,5 kg madu.
  20. Koloni lebah madu memiliki aroma yang unik sebagai tanda pengenal mereka.
  21. Lebah madu terlahir dengan tidak mengetahui bagaimana cara untuk menghasilkan madu. Lebah madu yang lebih muda diajari oleh lebah madu yang lebih berpengalaman.
  22. Beberapa dari lebah pekerja adalah lebah perawat. Pekerjaan mereka adalah untuk memberi makan larva.
  23. Seekor lebah madu mengunjungi sekitar 50 hingga 100 bunga dalam sekali terbang dari sarangnya.
Selain fakta-fakta unik di atas, masih ada banyak fakta menarik menenai lebah dan madu yang dihasilkannya. Silakan baca di artikel berikutnya.

Arsip Sobat46