01 June 2009

Gambling di GP Italia

Setelah terik matahari menyinari Mugello pada hari jum'at dan sabtu, ternyata cuaca yang mendukung balapan ini berubah menjadi kondisi yang terburuk. Pada hari minggu ternyata turun hujan, kondisi trekpun turun hingga 19 derajat Celcius. Yang lebih parah lagi kondisi yang dialami oleh pada pembalap MotoGP adalah kondisi transisi antara basah ke kering, hal inilah yang selalu membuat balapan seperti gambling.
Saat lampu start padam, seluruh pembalap berusaha menggeber motor mereka untuk mendapatkan posisi terbaik di tikungan pertama. Karna posisi di depan pada awal lomba lebih memudahkan para pembalap untuk melaju tanpa hambatan-apalagi kondisi kali ini becek-sudah barang tentu kalo berada di depan lebih menguntungkan secara psikologis. Lorenzo yang start dari posisi terdepan harus melorot karena terlalu cepat melepaskan kopling yang menyebabkan terjadinya burn-out. Stoner start dengan baik dan memimpin sejak lap pertama namun akhirnya di salip oleh beberapa pembalap hingga akhirnya dia berganti ke ban slick. Setelah keluar dengan ban slick dan kondisi trek mulai mengering, Aussie Boy ini terus melaju dan diuntungkan oleh power besar yang dimuntahkan oleh mesin Desmosedici GP9-nya. Walaupun Stoner mengakui kalau dia mengalami masalah dengan kopling sehingga putaran mesin cenderung tinggi tanpa memberikan speed, namun Stoner tetap berusaha mempertahankan catatan waktunya.
Lain halnya dengan pembalap asal negeri matador, Lorenzo mengalami kehilangan rasa percaya dirinya mengingat kejadian saat ia terjatuh setelah memulai balapan dari pole position di Jerez. Untungnya dari hasil kerja kerasnya ia berhasil membuntuti Stoner dengan jarak 1,001 detik di posisi kedua. Lorenzo sangat berterimakasih kepada timnya karena usaha keras mereka untuk menyiapkan motornya pada kondisi terbaik.
Sementara itu Rossi yang sebelumnya tidak pernah sukses jika balapan flag-to-flag (balapan balap-kering yang mengharuskan untuk ganti motor-Red) akhirnya mengalami kondisi yang mulus jika dibandingkan dengan hal yang mengesalkan yang dialaminya di GP Perancis pada 2 pekan yang lalu. Sayangnya Rossi menggunakan ban depan hard sehingga membuatnya lambat di dua lap pertama setelah mengganti motor. Memang Rossi gak berhasil untuk menang di rumahnya sendiri untuk yang ke-8 kalinya, tapi naik podium adalah hal yang sangat menyenangkan karena bisa tampil menawan di depan publik Italia.

Yah, pertarungan di MotoGP makin seru dengan jarak poin yang ketat di klasemen. Semoga saja balapan makin seru di Catalunya pada 2 pekan berikutnya. Have a good day, Sampat jumpa..!!

Arsip Sobat46