12 June 2009

Hayden 2009 = Melandri 2008

Masalah yang dihadapi oleh Nicky Hayden dalam lima balapan pertama pada musim 2009 ini sama persis dengan masalah yang dihadapi pendahulunya, yaitu Marco Melandri serta Loris Capirossi. Berikut adalah grafik yang menggambarkan poin yang berhasil mereka raih hingga balapan kelima pada saat mereka berada di kubu Ducati.


Dari grafik di atas tentunya para sobatGP sekalian bisa melihat tren yang semakin memburuk tiap tahunnya bagi pembalap kedua di Ducati Marlboro Team. Loris Capirossi yang hanya setahun menemani Stoner menjadi satu-satunya pembalap selain Stoner yang bisa mengantarkan motor Ducati ke puncak podium dengan mesin 800cc yang ditanamkan pada GP7-nya pada balapan di Motegi tahun 2007.

Di samping Capirex, finis terbaik Marco Melandri dalam balapan hanya pada posisi ke-11 dengan menggunakan GP8 di Losai Qatar. Melandri juga hanya setahun menemani Stoner, hingga akhirnya terdepak karena prestasinya yang kian terpuruk. Pembalap bernomor start 33 ini tidak bisa menunjukkan potensinya seperti dulu saat berlaga di bawah bendera Moviestar, tim satelit Honda yang paling kuat dan sekarang menjelma menjadi Honda Gresini.

Lain halnya Melandri, Kentucky Kids yang semula diprediksi dapat menguasai Desmosedici GP9 ternyata tidak bisa langsung menyesuaikan diri terhadap motor bertenaga monster ini. Kalau Hayden tidak bisa bangkit di musim ini, besar kemungkinan pembalap Amerika ini juga hanya akan menemani Stoner tahun ini saja, karena dia akan di depak dari tim berkelir merah ini. Bagaimana nasib Hayden berikutnya? Kita bisa prediksi dari hasil setiap balapan yang diraihnya.

Arsip Sobat46