11 June 2009

Inovasi Ban Asimetris Bridgestone


Balapan pada akhir pekan ini akan digelar di sirkuit Montmelo yang memiliki 8 tikungan kekanan yang panjang dan cepat dan 5 tikungan kiri yang lebih lambat, sehingga akan memberikan tantangan tersendiri bagi para pembalap. Karakter sirkuit ini memang sangat berbeda banget dari sirkuit lain tempat digelarnya ajang MotoGP. Dengan kondisi trek demikian tentunya bahu kanan ban akan mendapatkan gaya tekan lebih besar dibandingkan dengan bahu kirinya, sehingga harus dapat beroperasi secara optimal pada temperatur tinggi.

Bahu kanan ban akan didesain dengan menggunakan komponen hard, sementara itu bahu kiri ban menggunakan komponen soft. Inovasi ini sengaja hadirkan oleh Bridgestone untuk memberikan level grip yang konsisten sepanjang lap. Kondisi natural dari sirkuit Montmelo yang berada di Barcelona ini memiliki temperatur yang tinggi, sehingga ban belakang dengan komponen hard sangat dibutuhkan. Bridgestone juga membawa komponen ekstra hard bagi para pembalap yang membutuhkan.

Manajer Pengembangan Ban Balap Bridgestone menjelaskan, “Sirkuit Catalunya adalah trek yang membutuhkan skill teknis dengan tikungan kanan yang panjang, sehingga akan meningkatkan temperatur ban pada bahu kanan ban tersebut. Oleh karena itu sangat dibutuhkan komponen hard, terutama pada ban belakang. Kami akan membawa ban belakang asimetris yang memiliki komponen ganda untuk pertama kalinya pada musim ini, untuk memberikan performa yang baik di sirkuit ini.”

Revisi mengenai regulasi ban akan berjalan setelah GP Catalunya, peraturan tentang jatah 4 ban depan hard dan 4 ban depan soft akan berganti menjadi sesuai keinginan pembalap. Sehingga pembalap dapat meminta 5 ban hard dan sisanya 3 ban soft dan seterusnya, sehingga berjumlah 8 ban.Amandemen regulasi ban ini mengharuskan setiap pembalap melaporkan jenis ban apa saja yang akan mereka gunakan pada balapan berikutnya, dengan demikian strategi pemilihan ban jadi lebih penting.

Arsip Sobat46