05 December 2010

Matteo Flamigni, Telemetry Engineer Rossi

Kelihatannya banyak para sobat46 yang penasaran, siapa saja sih anggota tim Valentino Rossi yang selalu mendukung Rossi dari aspek teknis. Nah, kita akan membahasnya satu per satu. Postingan kali ini, adalah jatah Matteo. Coba lihat di gambar, wajah itu pasti tidak asing bagi para sobat46 yang setia menonton MotoGP. Ya, itu adalah Matteo Flamigni.

Flamigni juga memberikan nasehat kepada temen-temen yang memiliki mimpi yang sama, yaitu menjadi telemetry engineer. Grazie, Matteo!

Matteo saat ini bekerja sebagai telemetry engineer untuk Valentino Rossi, dia telah menggeluti bidang ini selama 15 tahun. Cukup lama bukan?!

Sekilas perjalanan karier Matteo Flamigni
Matteo mulai berkarir di World Superbike pada tahun 1994 ketika hanya ada beberapa parameter untuk diperiksa, dan setiap tahunnya parameter itu akan semakin rumit seiring dengan semakin banyaknya perimeter yang harus dianalisis. Pada tahun 1997 Matteo pindah ke kelas 500cc untuk melayani Luca Caldora. Tahun berikutnya pria Italia ini bekerja untuk pembalap Honda, Alex Barros. Pada tahun 1999 Matteo mendukung Loris Capirossi di kelas 250cc. Dari tahun 2000 hingga 2003 ia bekerja dengan Max Biaggi. Tahun 2003 menjadi akhir petualangan Matteo dengan menjadi anggota tim Marco Melandri, dan tahun 2004 Matteo bergabung dengan tim Valentino Rossi dan tetap bertahan hingga kini.

Motor pertama Matteo adalah Honda XL 600. Matteo juga membeli Yamaha ketika mulai bergabung. Motornya saat ini adalah TDM 900. Memang biker sejati!

Bagian yang paling disukanya sebagai telemetry engineer.
Bagi Matteo, bagian yang paling dia sukai dari pekerjaannya adalah menganalisis data dan berdiskusi dengan pembalap untuk meningkatkan performa motor. Motor akan selalu lebih cepat setiap tahunnya karena data yang dikumpulkan dari musim sebelumnya bisa digunakan untuk mengembangkan motor agar lebih baik lagi.

Bagian yang kurang disukai Matteo dalam pekerjaannya apa ya?
"Tidak ada! Aku mencintai pekerjaanku. Ini telah menjadi bagian dari hidupku dan keluargaku sangat mendukung apa yang aku lakukan. Mereka menyukai Vale dan balapan."
Memang seharusnya kita mencintai pekerjaan dan aktivitas yang kita kerjakan. Logikanya sih simpel, ngapain melakukan hal yang gak kita senangi bukan?! Hehehe, ternyata gaul juga tuh keluarga Matteo.

Berapa lama sih waktu yang diperlukan untuk berlatih supaya bisa melakukan pekerjaan pada level ini?
"Hal terbaik adalah kuliah dan mempelajari seluk beluk teknik seperti teknik mekanik, elektrik, atau otomotif. Setelah itu, mulailah bekerja pada pembalap level lokal, seperti saat aku mulai dulu. Temanku memintaku untuk membantunya dalam balapan dan aku melakukannya sejak saat itu. Selain latihan dan mulai dari level lokal, hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah bersikap (open minded). Ini adalah filosofiku. Jika kamu fikir kamu tahu semuanya, kamu bohong. Kamu bisa belajar dari setiap orang di dalam tim: pembalap, teknisi, ahli ban, dan lain-lain. Setiap hari kamu akan mendapatkan sesuatu yang baru. Terbukalah untuk mempelajari segala hal. Kamu juga harus bisa bekerja dengan orang-orang yang tidak kamu kenal pada awalnya, serta kamu juga harus bisa bekerja dengan budaya dan kepribadian yang berbeda. Anggota tim kami terdiri dari orang Italia, Australia, New Zealand, dan Jepang. Tim ini hebat dan kami bekerja dengan sangat baik."

Mana yang lebih penting bagimu, data telemetri dari balapan atau dari latihan MotoGP?
"Yang mana aja, yang menghasilkan catatan waktu terbaik!"

Yang terakhir, Matteo kembali mengingatkan bagi para sobat yang ingin berkarir sebagai telemetry engineer, adalah dengan memulai berkarier pada seri balapan lokal. Lima tahun adalah waktu yang cukup baik untuk mengumpulkan pengalaman dan melompat ke kelas yang lebih tinggi.

Arsip Sobat46