15 December 2010

Doohan: "Rossi-Ducati Adalah Tim Yang Sama"

Apa para sobat46 masih ingat siapa pria legendaris berkaos biru muda di samping? Ya, dia adalah Mick Doohan. Lain halnya dengan rekan pembalap pada eranya, Doohan hanya sesekali saja muncul pada saat balapan MotoGP. Mick yang saat ini berusia 45 tahun, mengabdikan sebagian waktunya dalam bisnis penerbangan dan bisnis kasino, yang belakangan membuatnya sedikit sakit kepala. Mungkin karena kebanyakan uang ya?! Tapi dia tetap menjadi pengamat yang jeli di balap motor premier, MotoGP, yang telah dimenangkannya dalam lima tahun berturut-turut, dari tahun 1994 hingga 1998, sebelum akhirnya pensiun karena cidera serius.
"Kejuaraan tahun ini - komentar Doohan - pantas milik Lorenzo, dia yang paling konsisten, tercepat, dan dia memenangkan banyak balapan. Dia juga kuat secara mental. Pada tahun 2011 nanti kita akan melihat, apakah dia kuat secara teknis, walaupun kita harus menunggu hingga tahun 2012 untuk memberikan penilaian akhir. Tahun depan dia mamsih akan diuntungkan dengan pengembangan motor yang telah dimulai oleh Rossi. Bagaimanapun dia berada dalam grup pembalap elit dengan penguasaan teknis yang baik."

Doohan juga seperti biasa berkomentar tentang Valentino Rossi.
"Setelah kecelakaan Rossi sering berada di podium, walaupun dia hanya kembali menang di Malaysia, delapan balapan kemudian, dia tidak akan butuh waktu yang lama untuk kembali. Rossi adalah pembalap yang hebat, dan dia tahu bagaimana mengatasi kesulitan."

Kepindahan Rossi ke Ducati diperkirakan banyak orang akan menjadi hal yang sulit, tapi tidak dengan legendaris asal Australia ini.
"Ketika dia pindah ke Yamaha, dia bisa mengatasi masalahnya dengan cepat. Aku fikir pemilihan mesin antara big bang ataupun screamer bukanlah hal yang terlalu penting. Itu hanyalah mengenai detail, dan bagaimanapun Rossi akan beradaptasi. Ketika dia meninggalkan Honda, itu karena HRC tidak cukup mengabulkan keinginan Rossi, sama seperti tahun lalu bersama Yamaha, ketika tekanan semakin meningkat dari Lorenzo. Tapi Rossi akan memiliki orang-orang yang sama di Ducati nanti, seperti biasa, tim yang sama. Ini hanyalah tim yang sama dengan motor yang berbeda."

Kemudian Doohan berkomentar sedikit tentang Honda dan ketiga pembalap pabrikannya.
"Ini tidak akan menjadi masalah. Tidak pernah terjadi masalah sebelumnya. Aku juga pernah membalap dengan dua pembalap pabrikan lainnya. Dukungan Stoner dari Suppo? Aku fikir Livio Suppo akan lebih banyak berhubungan dengan aspek komersial tim. Sementara untuk Casey, semua akan tergantung pada motor."

Arsip Sobat46