14 December 2010

Update Firmware Android Menjadi Froyo

Kedatangan update firmware Android terbaru pastinya sangat ditunggu-tunggu oleh para pecinta gadget Android, namun sayang karena ketika Google telah merilis update terbaru, pihak pabrikan terlalu lama merespon, sehingga meresahkan para gadget mania. Mungkin para sobat46 yang memiliki gadget Android sudah banyak yang melakukan update ke Froyo. Samsung Galaxy S (SGS) yang saya dapatkan dua minggu yang lalu mengusung Android v2.1 alias Eclair. Ketika browsing di internet, ternyata tidak ada informasi yang jelas apakah Froyo sudah bisa di download via KIES, terutama bagi kita sebagai user Android di Indonesia. Sementara di pada tanggal 22 September 2010 ada berita yang menyatakan bahwa update Froyo untuk Spanyol dan India ditunda, pastinya untuk regional lain - termasuk Indonesia - juga akan tertunda. Update Froyo akan diberikan Samsung via KIES pada akhir Oktober 2010.

Dari awal saya sudah menginstall KIES dari CD bawaan saat membeli Galaxy S, tepatnya CD 1/2, karena ada 2 CD yang disertakan dalam paket pembelian Samsung Galaxy S. Problem yang saya alami ketika menggunakan KIES adalah, KIES sangat lama dan terkadang tidak bisa mendeteksi SGS. Solusi untuk masalah ini adalah dengan menginstall Net Framework 4 yang bisa didapatkan di CD 2/2. Setelah Net Framework 4 terinstall, SGS dengan cepat terdeteksi oleh KIES dan case closed! :)

Namun ketika saya mengklik 'update firmware', muncul kotak dialog yang berisi versi firmware yang saya pakai dan tidak ada update untuk versi firmware yang sedang saya pakai. Lalu saya download KIES terbaru yang merupakan versi 1.5.3.10103_102_1 yang dirilis pada 15 Oktober 2010. Setelah KIES selesai didownload, coba jalankan insallernya, jika sebelumnya kamu sudah menginstall KIES, maka installer akan menguninstall KIES yang ada di PC-mu, lalu jalankan lagi installer KIES yang baru kamu download tadi, maka KIES versi terbaru akan diinstal di komputermu. Setelah itu, tinggal sambungkan Galaxy S dengan PC dengan menggunakan kabel data yang tersedia, dalam beberapa detik KIES akan mengenali gadget kamu. Pada desktop KIES akan ada pop up yang menginformasikan bahwa ada update firmware untuk gadget kamu. Klik pop up tersebut dan akan muncul kotak dialog seperti di bawah ini. 

Kamu akan melewati setiap tahap, mulai dari Caution, Information, Download, dan Completed. Yang paling lama adalah di tahap ketiga, yaitu Download, hampir 46 menit. 

Sebelum melakukan update firmware, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan:
1. Baterai pada kondisi prima, disarankan saat baterai full charge alias 100%. 
2. Pastikan koneksi internet kamu lancar. Modem telah terhubung ke internet.

Happy updating!


Update 31 Januari 2011

Tutorial update firmware Android via Kies bisa dibaca di sini.

Update 16 Juni 2011
Update Gingerbread resmi sudah tersedia, kamu bisa mengupgrade Galaxy S via KIES. Berikut tutorialnya.

Arsip Sobat46