10 November 2010

Mari Berkenalan Dengan Android

Mungkin kebanyakan dari kita sudah pernah melihat gambar di samping, atau malah sudah memiliki smartphone Android? Sedikit intro, Android adalah suatu sistem operasi untuk perangkat bergerak yang pada awalnya dikembangkan oleh Android Inc., sebuah perusahaan kecil yang baru berkembang ini akhirnya ambil alih oleh Google pada tahun 2005.

Android memiliki komunitas pengembang aplikasi yang dapat menghasilkan aplikasi yang dapat memberikan nilai tambah bagi ponsel dengan sistem operasi Android. Anda bisa membuka Android Market untuk mendapatkan aplikasi-aplikasi yang menarik, dari permainan yang refreshing your mind, hingga aplikasi yang dapat menunjang produktivitas kita.

Sejak debutnya di awal tahun 2009, Android telah meningkatkan kemampuannya melalui beberapa update. Update ini menjadi suatu sarana untuk memperbaiki bugs sekaligus memperkenalkan fitur baru. Dan yang paling unik, setiap update selalu menggunakan kode berdasarkan nama dessert atau hidangan pencuci mulut. Yuk, kita lihat!

Android 1.1 Rilis pada 9 Februari 2009. Ini merupakan baby Android. Dengan pengembangan oleh para programmer kelas dunia, Android pun berkembang dengan cepat.
Android 1.5 (Cupcake) Rilis pada 30 April 2009


Android 1.6 (Donut) Rilis pada 15 September 2009


Android 2.1 (Eclair) Rilis pada 26 Oktober 2009

Android 2.2 (Froyo) Rilis pada 20 May 2010

Android 2.3 (Gingerbread) Dijadwalkan rilis pada akhir tahun 2010 ini.
 

Android 3.0 (Honeycomb) Dijadwalkan rilis pada awal 2011.

Terlihat bahwa inisial dari kode update selalu mengikuti pola alfabet. What a good idea! Namun kita tidak akan menemukan arti Froyo dalam kamus, karena memang bukan suatu kata, tapi suatu singkatan dari Frozen Yogurt. Gingerbread dan Honeycomb memang belum dirilis, namun rumor yang santer beredar adalah keluarnya Android 4.0 dengan kode Ice Cream. Berikutnya kita pasti sudah bisa menebak, abjad apa yang akan keluar. Benar! Abjad J akan menjadi inisial dari versi Android berikutnya. Tapi ingat, inisial ini harus berasal dari jenis makanan pencuci mulut juga ya!

Arsip Sobat46