11 November 2010

Ducati Belajar Dari Ferrari

MotoGP musim ini telah berakhir, namun hingar bingar dari dunia balap motor paling bergengsi ini bukannya pudar, tetapi malah semakin menggema. Banyak pergantian susunan pembalap MotoGP untuk musim depan dan mereka mendapatkan kesempatan untuk mencoba mesin prototype versi awal yang akan mereka gunakan pada tahun depan.

Hal yang paling ditunggu adalah feedback dari Rossi yang mencoba prototype Desmosedici GP11 yang merupakan kreasi terbaru dari Filippo Preziosi.

Seperti yang terlihat pada gambar di samping, fairing motor yang digunakan Vale di Valencia ini terlihat cukup berbeda bila dibandingkan dengan motor yang dipakai oleh Stoner dan Hayden pada musim ini. Sekarang pada sisi fairing dilengkapi dengan celah "shark gill," seperti yang terlihat pada Ferrari 2008, yang berguna untuk membantu membuang udara panas.
Bentuk pada bagian bawah motor juga berbeda dan terlihat lebih streamline. Dua sayap kecil yang pernah digunakan oleh Stoner pada musim ini juga terintegrasi dengan lebih baik.
Fairing depan juga terlihat lebih besar dari versi sebelumnya, dengan sedikit sentuhan ulang agar lebih aerodinamis. Saat ini Ducati menjadi pabrikan yang pertama dan satu-satunya yang menggunakan komponen aerodinamika ini.

Saat ini Rossi harus mulai mengevaluasi materi yang tersedia untuknya. Vale memiliki 3 motor Ducati di garasinya, yang terdiri dari versi 2010, motor 2011 dengan mesin screamer dan yang terakhir versi 2011 dengan mesin big bang. Rossi nantinya harus memilih, jenis mesin manakah yang akan dia pakai untuk berlaga pada musim depan.

Arsip Sobat46