19 November 2010

Rossi Kembali Menghadapi Pisau Bedah

Valentino Rossi sudah tahu, bahwa sejak seri Mugello dia memang membutuhkan operasi. Namun dia menundanya berkali-kali. Sekarang saatnya tiba dan Italiano ini harus naik lagi ke meja operasi.

Berikut ini adalah pesan yang muncul di situs pribadi The Doctor, www.valentinorossi.com

Operasi ini seharusnya telah dilakukan sejak lama, tapi Valentino ingin menyelesaikan musim 2010 dengan cara terbaik. Saat ini komitmen untuk membalapnya telah berakhir dengan berakhirnya musim ini, Vale cemas dan ingin mengakhirinya. Dia sudah capek merasakan rasa sakit, bahkan ketika tidur dia merasakan sakit pada bahu kanannya sejak 15 April, pada kecelakaan motocross. Hal inilah yang menyebabkan Vale memajukan jadwal operasinya. Rossi kembali menghadapi pisau bedah di RS Cervesi di Cattolica, dengan dr Alessandro Castagna dari Humanitas Institute of Milan dan dr Giuseppe Porcellini dari unit bedah bahu dan elbow sistem kesehatan umum Ramini. (Ya, dokter terbaik Italia diterjunkan langsung untuk menangani juara dunia sembilan kali ini). Dalam beberapa bulan terakhir Valentino telah membalap dan menang, walaupun mengalami robekan ganda pada otot dan tulang rawannya.

"Kondisi bahunya - jelas dr Castagna dan dr Porcellini - jelas kritis sekali, Valentino benar-benar tangguh karena membalap dengan cidera seperti ini. Operasi berjalan dengan sempurna tanpa ada komplikasi. Periode rehabilitasi sekitar 90 hari, tapi kami akan melakukan apapun untuk memenuhi kebutuhan pembalap."

Kedua dokter bedah tersebut dibantu oleh dr Fabrizio Campi dan dr Paolo Paladini sebagai asisten, butuh waktu dua jam - kira-kira dari jam 11.30 hingga jam 13.30 - untuk memperbaiki kedua otot, yaitu Supraspinatus dan Capolungo, serta ligamen Glenoid. Prosedur yang dilakukan adalah secara arthroscopic dan berada dibawah anestesi total untuk beberapa bagian prosedur operasi dan anestesi parsial untuk beberapa bagian lain sisanya. Vale baik-baik saja dan sekarang dia harus beristirahat untuk beberapa jam sebelum dia bisa memulai proses rehabilitasi. Pada hari yang mendatang Vale akan memberitahu langsung mengenai keadaannya.

Arsip Sobat46