24 November 2010

Fakta Dibalik Madu dan Lebah (Bagian 2)

Di artikel sebelumnya telah ada 23 fakta dan segala kebaikan yang ada pada madu dan lebah penghasil madu. Saatnya melanjutkan sesuatu yang tertunda :)

24. Sarang lebah harus terbang sejauh 55.000 mil atau sekitar 88.000 km untuk memproduksi setengah kilo madu.

25. Satu koloni lebah dapat memproduksi 30 hingga 50 kg madu setiap tahun.

26. Rata-rata seekor lebah pekerja hanya menghasilkan sekitar 1/12 sendok teh madu dalam hidupnya.

27. Pada puncak musim pengumpulan madu, sarang yang sehat dan kuat dapat memiliki populasi sekitar 50.000 lebah.

28. Untuk terbang keliling dunia, lebah hanya membutuhkan madu sebanyak satu ons sebagai sumber energinya.

29. Kita harus menghargai lebah madu karena telah menyerbukkan 80% buah-buahan, sayuran, dan biji tanaman untuk menghasilkan madu.

30. Madu adalah sumber makanan utama untuk lebah itu sendiri. Alasan yang membuat lebah madu sangat sibuk mengumpulkan nektar dari bunga-bunga adalah untuk mendapatkan persediaan makanan yang cukup bagi koloninya untuk menghadapi musim dingin. Nektar dirubah menjadi madu dan disimpan di dalam sarang lebah yang terbuat dari lilin.

31. Madu mengandung berbagai vitamin dan antioksidan, namun bebas lemak, kolesterol, dan sodium.

32. Anda bukan pecinta bayam? Makanlah madu, karena memiliki tingkat antioksidan yang sama bagi kesehatan jantung.

33. Sebuah antioksidan yang disebut "pinocembrin" hanya ditemukan di madu.

34. Selama bertahun-tahun, penyanyi opera menggunakan madu untuk memberikan tambahan energi dan menyejukkan kerongkongan sebelum tampil.

35. Madu adalah satu-satunya makanan yang mengandung seluruh substansi yang dibutuhkan untuk mempertahankan hidup, termasuk air.

36. Madu memiliki kemampuan untuk menarik dan menyerap kelembaban, yang mana sangat baik untuk mengurangi rasa sakit pada luka terbakar dan membantu mencegah luka.

37. Madu mempercepat penyembuhan pada luka yang terbuka dan juga pada infeksi akibat luka dalam peperangan.

38. Setidaknya pada Perang Dunia I, madu yang dicampur dengan minyak ikan untuk membalut luka pada medan perang.

39. Sains modern telah mengetahui bahwa madu sebagai agen anti-kuman dapat menghalangi pertumbuhan beberapa tipe bakteri, ragi, dan jamur.

40. Madu dan lilin yang dihasilkan oleh lebah dapat digunakan sebagai bahan dasar berbagai krim kulit, lipstik, dan hand lotion.
41. Ratu Anne dari Inggris, pada awal tahun 1700, menemukan proses pembuatan madu dan minyak zaitun untuk membuat rambutnya sehat dan berkilau.

42. Dr. Paul Gold, seorang Profesor Psikologi di Universitas Virginia mengatakan, "Orang dapat mengingat suatu hal dengan lebih baik setelah mereka mengkonsumsi glukosa, suatu bentuk gula yang ditemukan pada madu."
43. Madu adalah penambah energi alami. Memberikan sumber energi yang terpusat yang dapat mencegah kelelahan dan meningkatkan performa atlit.

44. Studi terbaru telah membuktikan bahwa para atlit yang mengkonsumsi madu sebelum dan setelah berkompetisi, dapat kembali fit dengan lebih cepat daripada atlit yang tidak mengkonsumsi madu.

45. Madu memberikan energi dalam dua tahap. Glukosa pada madu diserap dengan cepat oleh tubuh dan memberikan tambahan energi secara cepat. Fruktosa diserap lebih lambat untuk menyediakan cadangan energi



Ternyata sangat besar manfaat yang dibawa oleh lebah madu, itulah sebabnya Allah SWT mengabadikan lebah di dalam salah satu surat dalam Al-Qur'an. Yaitu Surat An-Nahl, surat keenambelas. Oleh sebab itu, hendaknya kita memiliki karakter seperti lebah, yang selalu membawa manfaat dimanapun kita berada.

Arsip Sobat46