01 November 2010

Minggu Terakhir Rossi di Yamaha

Setelah mendapatkan kemajuan di sesi latihan dengan kondisi basah akhirnya Rossi mampu membukukan catatan waktu tercepat serta berharap dirinya bisa menang di Estori ini. Sekali lagi Jorge Lorenzo lah yang ternyata menjadi penghalang tujuan Rossi.

Di awal balapan Rossi segera mendapatkan catatan waktu terbaiknya dan mampu memimpin balapan, sementara Lorenzo dari posisi kedua akhirnya mampu mendapatkan kepercayaan diri dengan kondisi aspal yang rumit sehingga mampu menghasilkan fastest lap dan akhirnya mengambil alih pimpinan lomba. Sayangnya Rossi tidak sanggup merespon Lorenzo karena pembalap Spanyol ini jauh lebih cepat. Akhirnya Lorenzo memenangkan balapan Grand Prix Portugis dalam tiga tahun terakhir ini.

Pada saat ketika Lorenzo menyalip Rossi di tikungan, "Dia sedikit mendesakku, tapi itulah balapan dan hal itu baik-baik saja."

"Dibandingkan dengan tahun lalu ketika performa balapan kami sangat memuakkan, aku cukup gembira. Sekarang kami tahu apa yang harus dilakukan untuk menghadapi Valencia, yang mana kami akan mencoba melakukan hal yang lebih baik."

Apakah kamu cemas dengan Casey Stoner yang terjatuh lagi dari Ducati, karena itu akan menjadi motormu di tahun depan?
"Sulit untuk mengatakan sesuatu karena aku masih belum mencoba Ducati. Tapi Stoner seperti seorang yang tidak memiliki pilihan (all or nothing). Bahkan di Australia dia kerja keras di lap-lap pembuka seperti yang dia lakukannya hari ini, tapi waktu itu dia bisa mengembangkan gap pada kami. Di Jepang dia memenangkan balapan, namun saat balapan di Malaysia, Stoner terjatuh seperti yang terjadi hari ini. Aku tak tahu apakah motornya memiliki masalah khusus ataukah tidak. Aku tahu kalau Yamaha adalah motor terbaik saat ini. Aku pikir ada beberapa hal yang harus dilakukan dengan Ducati."

Bagaimana rasanya tahu kalau ini akan menjadi pekan terakhirmu sebagai Pembalap Yamaha, walaupun kamu masih memiliki kontrak hingga akhir 2010?
"Saat ini minggu yang penting untukku sedang dimulai. Pertama, karena aku selalu kesulitan di Valencia pada masa lalu dan aku ingin lebih kompetitif saat ini. Yang kedua, karena pada hari selasa dan rabu ada sesi latihan dan akhirnya aku bisa mengendarai Ducati."

Apakah kamu cemas akan meninggalkan motor bagus di tangan Lorenzo?
"Jelas, tapi Honda juga merupakan motor terbalik ketika aku tinggalkan di tahun 2003. Saat ini motor MotoGP sudah lebih imbang. Pada beberapa balapan terakhir, kita lihat Yamaha kesulitan, tapi kemudian baik kembali. Jadi, level performa motor yang berbeda sangat dekan antara satu dengan lainnya. Yamaha mungkin merupakan motor yang paling konsisten dari satu trek ke trek lainnya."

Apakah Lorenzo merupakan lawan paling tanguh yang kamu hadapi secara mental?
"Secara mental aku tidak tahu. Kamu tidak dapat menyangkal kecepatan dan kemampuannya untuk menjadi yang tercepat di semua trek dan di semua kondisi. Dia juga bisa menangani masalah dengan baik karena dia muda dan itu membantumu kembali lebih cepat."

Arsip Sobat46