30 May 2009

Sesi Latihan yang Ketat di Mugello

Di sesi latihan bebas pertama yang diadakan pada jum'at siang di Mugello, keempat pembalap papan atas yang terdiri dari Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Casey Stoner, dan Dani Pedrosa saling berlomba untuk menjadi yang tercepat. Karena menjadi yang tercepat di sesi latihan dapat mendongkrak motivasi dan mental pembalap untuk tampil lebih baik lagi pada sesi kualifikasi dan balapan nanti.

Pada akhir sesi latihan akhirnya Lorenzo bisa memotong catatan waktu Rossi sebesar 0,195 detik yang ditorehkannya pada menit terakhir, walaupun pada 15 menit pertama sesi latihan Rossi memimpin dengan gap 1 detik. X-Fuera berhasil mencatatkan waktu 1 menit 49,87 detik dan ia menjadi satu-satunya pembalap yang memiliki catatan waktu di bawah 1 menit 50 detik, sementara itu Stoner berada pada posisi ke-3 dengan gap sebesar 0,274 detik terhadap Lorenzo.

Pada sesi ini Dani Pedrosa berhasil memecahkan rekor top speed MotoGP dengan menggeber motornya sampai kecepatan 349,3 km/jam dan menjadikannya berada di posisi ke-4 pada sesi latihan pertama. Rossi sebagai King of Mugello jelas akan menggentikan Lorenzo untuk menancapkan bendera "Lorenzo Land"-nya di tanah Mugello.

Pembalap Italia lainnya, Loris Capirossi yang mengendarai Rizla Suzuki berada pada posisi ke-7. Top-10 ditempati oleh Andrea Dovizioso yang menggeber motor pabrikan Honda dan Marco Melandri yang menggunakan Kawasaki. Namun sayang disayang, rookie asal Italia-Niccolo Canepa-menjadi satu-satunya pembalap yang terjatuh pada sesi pertama ini dan harus puas berada di urutan ke-14.

Sesi latihan bebas yang kedua dikuasai oleh Casey Stoner dengan si Merah Ducati-nya. Pembalap berkebangsaan Australia ini berhasil mencatatkan waktu terbaiknya 1 menit 49,323 detik, namun catatan waktu tersebut hanya beselisih 0,027 detik dengan Jorge Lorenzo yang nangkring di posisi ke-2 dengan selisih 0,194 detik terhadap The Doctor. Diakhir sesi latihan Stoner terjatuh dari motornya, beruntung dia tidak mengalami cidera.

Arsip Sobat46