23 May 2009

Hadiah Runner-Up Buat Melandri

Setelah mengumumkan tentang pengunduran Kawasaki di awal Januari karena krisis finalsial yang dialaminya, terlihat bahwa Pabrikan Hijau ini ingin benar-benar jauh dari MotoGP sepanjang tahun ini. Namun pabrikan Jepang ini dengan berat hati dan penuh ragu mengizinkan pembentukan tim mini untuk mendukung satu pembalap (Melandri) di bawah nama "Hayate Racing Team," mengingat Kawasaki masih memiliki ikatan kontrak yang harus dijalankan. Namun dengan dukungan yang sangat minim dari Kawasaki, banyak yang memprediksikan bahwa Melandri tidak akan mencicipi musim yang menyenangkan tahun ini.
Ternyata mereka salah..!! Melandri finish di urutan keenam hanya di balapan keduanya di Motegi sebelum akhirnya menyamai rekor finish terbaiknya bersama Ducati serta juga menyamai rekor finish terbaik yang pernah diraih oleh Kawasaki setelah mendapatkan posisi kelima saat finish di Jerez. Pembalap Italia ini bersungguh-sungguh untuk kembali membangun reputasinya setelah melalui musim terburuknya bersama Ducati pada tahun 2008. Kondisi balapan yang sulit karena berlangsung pada saat trek yang basah mulai mengering dapat dimanfaatkan dengan baik oleh Melandri untuk menutup kecepatan rivalnya di trek kering, tapi Melandri bukan sekedar mendapatkan podium dengan menjadi salah satu pembalap yang mengganti motornya di awal lomba. Setelah mengganti motornya pada lap keenam dari 28 lap, ia melakukan hal terbaik dengan menggunakan ban slick di trek yang licin.

Lain halnya dengan pemegang gelar Juara Dunia MotoGP 6 kali, Valentino Rossi yang menukar motornya satu lap lebih awal dari Melandri, dan ternyata terjatuh, sementara sang pemenang balapan Lorenzo menunggu hingga lap 12 sebelum akhirnya menukar motornya. Melandri mampu memangkas hingga 4 detik untuk mendekati Lorenzo hingga akhirnya Lorenzo kembali cepat dengan menggunakan motor dengan ban slick. Sementara itu Melandri berjarak hampir 2 detik di depan pembalap pabrikan Honda Dani Pedrosa.
"Menakjubkan untukku bisa tampil di sini," senyum Melandri. "Beberapa bulan yang lalu aku pikir aku akan menonton balapan ini lewat TV! Jadi aku harus berterimakasih banyak kepada Carmelo Ezpeleta [CEO Dorna] yang telah bekerja keras untuk membawaku kembali dan terimakasih pada semua anggota tim karena telah bekerja keras di tim privat. Aku sangat menghargainya."

"Ini adalah suatu balapan yang menarik. Aku percaya diri dalam keadaan basah dan cukup cepat. Ketika aku lihat Valentino menukar motor, aq pikir itu terlalu awal. Aku menukar motor pada lap berikutnya namun itu juga terlalu awal, karna lap pertama dengan menggunakan ban slick sangat sulit. Aku hampur jatuh sampai 3 kali. Aku gak berpikir tentang catatan waktu, aku cuma mencoba untuk membuat banku tetap kering dan tetap tenang."
"Ketika aku melihat P2 di pitbord-ku, aq sempat tidak percaya. Aku berusaha mengontrol gap dengan pembalap yang ada dibelakangku. Rasanya sangat menyenangkan bisa naik podium di sini, lebih menyenangkan daripada kapanpun di masa lalu," tambah Melandri setelah mendapatkan podium ke-20 di MotoGP.

Saat ini Melandri bercokol di posisi kelima di klasemen pembalap. Hayate juga menempati posisi keenam dari 11 tim yang bermain di MotoGP pada musim ini, walaupun hanya memiliki satu pembalap. Sekarang akan terlihat, apakah dengan kemajuan yang dihasilkan Melandri akan menghasilkan dukungan teknis lebih jauh dari pihak Kawasaki. Kapan lagi Kawasaki bisa meningkat, sapa tau dengan dukukan teknis yang memadai Melandri bisa mengantarkan Kawasaki untuk mendapatkan kemenangan perdananya di Grand Prix MotoGP.

Arsip Sobat46