17 May 2009

[4] GP France - part 1

Balapan akhir pekan ini diselenggarakan di Le Mans yang berada di Perancis, sirkuit ini memiliki karakter yang stop-n-go alias banyak memiliki titik pengereman dan zona akselerasi. Selain itu Le Mans sendiri hanya menyuguhkan trek lurus sepanjang 450 meter dengan 9 tikungan ke kanan dan 4 tikungan ke kiri, hal inilah yang membuat sirkuit ini akrab dengan motor Yamaha yang memiliki handling bagus. Namun trek ini adalah malapetaka bagi motor bertenaga besar seperti Ducati karena terkendala di handling.

Sirkuit yang terkenal karena event Le Mans 24 Hours-nya ini juga sering menyusahkan para pembalap, karena di sini sering terjadi perubahan cuaca yang tidak menentu. Semoga balapan akhir pekan ini cuaca cerah dengan suhu trek yang baik, karena bagaimanapun balapan pasti lebih menarik kalo berlangsung pada kondisi kering. Sebab sirkuit ini menawarkan banyak titik overtaking bagi para pembalap yang jago di tikungan, terutama Valentino Rossi.
Berdasarkan hasil keputusan para petinggi MotoGP akhirnya waktu latihan dan kualifikasi untuk kelas MotoGP dikembalikan menjadi 1 jam untuk masing-masing sesi, yang sebelumnya dipangkas menjadi 45 menit. Hal ini tentunya disukai oleh semua pembalap, karena mereka memiliki ekstra waktu untuk mendapatkan setelan terbaik pada motor mereka.
Kualifikasi berlangsung cukup seru walaupun Melandri dan Randy de Puniet sempat terjatuh dari motor mereka karena kehilangan grip pada ban depan, namun mereka lolos dari cidera. Pedrosa akhirnya menduduki pole pada detik-detik terakhir hanya dengan margin 0,005 detik dari Lorenzo di posisi kedua. Stoner berada di posisi ketiga dan Rossi menempati posisi keempat, dan hal ini tentunya akan membuat balapan menjadi sangat menarik karena akan menyuguhkan duel Rossi-Stoner serta aksi overtaking dari Rossi.
Kemenangan The Doctor di Jerez pada dua pekan yang lalu menjadikan dirinya menjadi satu-satunya pembalap yang telah menjadi juara seri minimal sekali setiap tahun dalam 14 musim berturut-turut. Kalau Rossi menang pada akhir pekan ini, dia akan berusaha merebut kemenangan ke-100-nya di tanah Italia 2 pekan lagi.

Arsip Sobat46