13 October 2013

Analisis The Doctor Terhadap Performa Honda RC213V

Para GP Mania pasti setuju bahwa tahun ini Honda memiliki mesin tempur terkuat di MotoGP. Valentino Rossi menganalisis keunggulan performa Honda yang digunakan oleh Dani Pedrosa dan Marc Marquez.

Juara dunia MotoGP sebanyak tujuh kali ini yakin bahwa Honda RC213V memiliki keunggulan pada berbagai aspek seperti tenaga, penggunaan bahan bakar, dan kecepatan di trek lurus. Hal ini juga dibantu dengan kedua pembalap yang sangat cepat dan bertubuh kecil. Mari kita simak analisis The Doctor.

"Motor kita fantastis, tapi cenderung berkelakuan seperti motor normal. Kami terus menjadi sangat cepat pada tikungan yang lebih panjang. Tapi Honda menemukan sesuatu yang spesial untuk tikungan pendek. Mereka bisa membuat line yang berbeda menuju tikungan, mereka belok dengan sangat cepat dan mengikuti bagian dalam, terkadang mereka hampir terlalu banyak belok. Motor kami memiliki keseimbangan yang baik dan sekarang dengan seamless gearbox kami tidak banyak kehilangan waktu pada saat akselerasi. Sepertinya motor mereka dibangun cocok dengan jenis ban saat ini, sementara motor kami lebih normal."

"Sebelumnya Yamaha selalu sangat cepat pada saat pengereman dan masuk tikungan, hingga pada seri Brno tahun lalu ketika Honda menemukan sesuatu yang sangat bagus dan tahun ini mereka membuat langkah berikutnya. Sepertinya mereka bisa memanfaatkan ban depan dengan lebih baik jika dibandingkan dengan kami. Hal itu bisa dilihat dengan mengikuti mereka. Seamless gearbox kita tidak terlalu membantu membuat menjadi lebih lembut ketika di tikungan, namun milik Honda sangat membantu mereka. Aku pikir mereka memiliki kelembutan yang sama  baik ketika mereka menurunkan gigi (shift down) ataupun menaikkan gigi (shift up)."

"Kami bekerja secara intens dengan para engineer Jepang dalam hal gearbox seamless ini. Gearbox baru ini cukup cepat walaupun masih memiliki hentakan ketika kamu mengganti gigi. Tapi hal ini normal karena kita baru menggunakanannya pada tiga balapan terakhir, sementara Honda telah menggunakan teknologi ini selama tiga tahun. Honda tidak hanya memiliki keunggulan dari gearbox, namun juga dari setelan sasis."

Arsip Sobat46