10 October 2013

Rossi Positive Thinking Menghadapi Sepang

Gambar di samping adalah kemenganan terakhir Valentino Rossi di Sepang yang menutup jilid pertama karier Rossi di Yamaha. Kemenangan ini merupakan kemenangan ke-46 Rossi yang didapatkannya pada balapan Sepang musim 2010 yang lalu.

Rossi juga pernah memenangkan balapan di Sepang pada tahun 2001, 2003, 2004, 2006, dan 2008. Hal ini membuat Rossi menjadi pembalap yang memiliki rekor paling gemilang di sikuit Sepang. Jilid kedua Rossi di Yamaha dimulai pada musim ini dan hingga kini baru sekali mencicipi manisnya podium utama, yaitu di sirkuit Assen Belanda.

"Sirkuit Sepang merupakan salah satu trek yang sangat aku suka karena aku memiliki banyak kemenangan hebat disana. Aku pikir ini akan cukup cocok dengan Yamaha. Balapan ini akan sangat berat untuk fisik karena cuaca sangat panas, namun hal ini menjadi tantangan yang besar. Aku ingin mendapatkan akhir pekan yang baik dan bekerja keras pada setelan motor agar bisa kompetitif pada saat balapan nanti."

Rossi beserta pembalap MotoGP lainnya pernah melakukan uji coba resmi MotoGP di Sepang pada bulan Februari awal tahun ini dan mendapatkan posisi ketiga pada uji coba Sepang I dan posisi keempat pada uji coba Sepang II. Namun motor M1 sudah mengalami perubahan signifikan sejak saat itu, apalagi dengan pengenalan seamless shift gearbox yang memangkas waktu shifting dan memberikan kestabilan pada saat melakukan shifting dengan kemiringan motor maksimal.

Direktur Tim Yamaha, Massimo Meregalli, juga memberikan komentar mengenai kondisi internal tim dan harapan tim Yamaha.

"Sama seperti tim lainnya, kami pernah melakukan dua kali uji coba pada awal musim ini, tapi saat ini motor kami sudah banyak berubah. Sangat penting untuk tidak melakukan kesalahan karena ada tiga balapan berturut-turut dan poin yang bisa kita kumpulkan juga banyak. Kami berharap ada peningkatan lebih jauh pada kedua pembalap. Kami siap untuk tiga pekan balapan yang penting ini."

Walaupun Sepang penuh dengan kenangan manis bagi Rossi, sirkuit ini juga menyimpan salah satu kenangan terburuk dengan insiden yang menewaskan Marco Simoncelli pada tahun 2011. Semoga dengan semakin (kembali) akrabnya Rossi dengan M1, Rossi bisa memberikan kemenangan tambahan menjelang akhir musim ini.

Arsip Sobat46