24 September 2008

Go Rossi Go...!!!


Valentino Rossi bentar lagi bakalan mengoleksi satu lagi gelar dunia MotoGP, kemungkinan mahkota juara akan disabet Rossi pada grand prix Jepang nanti di sirkuit Twin Ring Motegi. Rider Fiat Yamaha ini sedang dalam posisi yang kuat dengan menjadi pemuncak klasemen dengan selisih 87 poin dengan pesaing terdekatnya juara dunia 2007, Casey Stoner. Sementara Stoner hanya terpaut 7 poin dari Dani Pedrosa yang berjuang untuk beradaptasi dengan mesin dan ban barunya.

Rossi berada di atas angin, dengan finish podium nantinya dia akan memastikan juara dunianya yang kedelapan kali. Secara matematis, jika Rossi gagal menambah poin di Motegi berarti gap akan berkurang menjadi 62 poin, dimana masih ada tiga balapan dengan 75 poin maksimum yang bisa diperebutkan. Nah, kalau Stoner cuma bisa finih di posisi dua di Motegi, berarti Rossi minimal harus finish di posisi delapan untuk mengunci gelar. Namun jika Stoner finish tak naik posium berarti Rossi cuma harus finish di urutan 12 atau lebih baik.

Jika Pedrosa memenangkan balapan berarti Rossi harus finish top ten, sementara jika pembalap Spanyol ini finih di urutan kedua berarti Rossi hanya butuh satu poin, namun tentunya Rossi tidak akan bersantai ria.

Pembalap yang mengalahkan rekor Giancomo agostini ini mencatatkan kemenangan 69 kali di kelas premier, dan jika ia memenangkan titel musim ini, maka dia akan menggemakan idola Italia [Agostini]. Hingga kini, Agostini adalah satu-satunya pembalap yang dapat merebut kembali tahta juara setelah jeda dua tahun.

Apa yang akan terjadi jika Rossi berhasul menyapu gelar keenamnya di motogp?

Rossi akan mengalahkan rekor kemenangan yang dikoleksi oleh Mick Doohan, dan menjadi satu-satunya pembalap yang pernah memenangkan Juara Dunia 500cc, 990cc dan 800cc.

Arsip Sobat46