24 September 2008

Sejarah di GP Jepang

Sirkuit Motegi pertama kalinya masuk dalam kalender motogp pada tahun 1999, sirkuit ini menjadi tempat dilangsungkannya GP Pasifik dari tahun 2000-2004.

Kenny Roberts adalah pembalap pertama yang pernah memenangkan balapan 500cc di Motegi dengan menghela Suzuki, di depan Mick Doohan yang mengendarai Honda dan Norick Abe yang pada saat itu di Yamaha.

Setahun kemudian diadakan dua grand prix di tanah samurai ini, GP Jepang di Suzuka dan GP Pasifik di Motegi. Susunan ini berlangsung hingga tiga tahun. Salah satu sejarah yang pernah terjadi pada tahun 2000 disini adalah ketiga balapan dimenangkan oleh pembalap tuan rumah, yaitu Norick Abe di kelas 500cc, Daijiro Kato di kelas 250cc, dan Youichi Ui di kelas 125cc. Ini adalah kali pertamanya pembalap Jepang memenangkan tiga kelas dalam satu grand prix.

Pada tahun 2001 Valentino Rossi memenangkan balapan di Suzuka dengan menggendarai Honda 500cc, Tidak aneh rasanya Rossi mencatatkan sejarah disini, karena setahun kemudian ia kembali memenangkan balapan era pertama dengan menggunakan mesin 5 selinder racikan Honda.

Namun pada tahun 2003 terjadilah tragedi yang memilukan saat kecelakaan tragis merenggut nyawa pembalap Jepang, Daijiro Kato. Sehingga sirkuit Suzuka dinyatakan cukup bahaya untuk balapan Grand Prix, sehingga GP Jepang dipindahkan ke Motegi.

Sementara itu pada tahun 2005 Loris Capirossi alias Capirex menjadi pembalap pertama yang memenangkan grand prix di kelas premier di atas pabrikan non-Jepang, dan hal itu berlanjut hingga tahun 2007.

Arsip Sobat46