19 January 2011

Del Torchio: "Kami adalah orang Italia!"

Del Torchio dan Valentino Rossi
"Aku merasa sangat bangga dan puas berada disini bersama Valentino Rossi."

Yang berbicara hal di atas adalah Gabriele Del Torchio, Presiden Ducati pada saat menghadiri Wrooom di Madonna di Campiglio.

"Kami merasa lebih seperti duta besar Italia di dunia ini dan karena itulah kami menerima undangan dari Presiden Italia untuk merayakan 150 tahun bersatunya Italia dengan meletakkan Triwarna di tangki bahan bakar motor kami."

Kepindahan Rossi ke tim merah telah diramalkan pada tahun lalu di Madonna di Campiglio, ketika itu Presiden Ducati memperlihatkan keinginannya agar Valentino membalap untuk mereka."

"Jelas bahwa kombinasi Valentino Rossi dan Ducati hanya menguatkan kesan dari kehebatan Italia. Hal itu membawa motivasi tambahan untuk kami."

Kebanggaan bukanlah satu-satunya faktor yang berperan, sebagaimana juga ada pertanyaan mengenai berita tentang Fiat dengan perserikatan buruh, yang pada akhirnya mempengaruhi Ducati.

"Setiap orang pasti mengkhawatirkan dirinya dulu, tapi perusahaan kami telah memilih untuk menjadi perusahaan Italia. Kami tidak memiliki niat untuk meninggalkan tempat ini. Pastinya, belakangan ini kami mengumumkan bahwa ada pabrik perakitan di Indonesia, tapi itu bukanlah hasrat kami untuk pergi dari sini, tapi lebih kepada penyeimbangan tarif. Ketika kami mengekspor produk kami ke regional geografis sana, biayanya bisa mencapai 80% dari nilai produk itu sendiri."

"Satu-satunya cara untuk menyiasati hal ini adalah dengan melakukan perakitan di regional tersebut, tapi mayoritas suku cadang akan didatangkan dari Italia dan desainnya akan selalu berasal dari kami. Kembali ke Fiat, aku tidak ingin membandingkan situasi disini dengan yang lain, tapi aku hanya ingin mengatakan bahwa kami sama seperti yang lainnya, sangat sensitif terhadap produktifitas. Kami telah melakukan pertemuan konstruktif dengan serikat perkerja dan kami ingin bekerjasama menuju efisiensi dan produktifitas yang lebih baik."

Komitmen Ducati terhadap Italia juga bermakna sebuah investasi yang signifikan terhadap operasi perusahaan mereka di negara mereka sendiri.

"Kami bekerja sama dengan regional dan otoritas yang bewenang di Bologna untuk melakukan apa yang diperlukan agar bisa memulai pekerjaan konstruksi pada fasilitas produksi yang baru. Kami akan menginvestasikan sejumlah dana untuk dapat mendirikan bangunan baru Ducati. Sebuah bangunan yang akan meneruskan tradisi Ducati, sebagai simbol dari Borgo Panigale. Kami telah mengidentifikasi suatu lokasi yang cocok di Borgo Panigale, aku fikir mungkin bulan depan karena izin dari birokrat selalu membutuhkan waktu yang lama di Italia, dan kami akan memiliki hak yang diperlukan untuk  to melakukan peletakan batu pertama pada gedung produksi baru Italia. Secara realistis hal ini baru bisa dilakukan pada awal 2012."

Arsip Sobat46