02 April 2011

Ini Rahasia Dibalik Telemetri Stoner

Semakin canggih teknologi, semakin sulit juga untuk menyimpan rahasia. Sama halnya pada pembalap MotoGP yang aksinya pada setiap lap terekam dalam data telemetri yang presisi, terkadang pembalap lain juga diperbolehkan untuk melihatnya.

Andrea Dovizioso dan Loris Capirossi telah melihat data telemetri milik Casey Stoner dan mereka bisa membandingkannya dengan data yang mereka miliki. Berikut komentar dari Dovi dan Capirex.

"Mesin balap MotoGP ini selalu berevolusi, jadi setiap pekan kamu harus beradaptasi. Di Qatar aku melakukan kesalahan dengan merubah sesuatu pada enam lap terakhir. Ada banyak kemajuan, tapi sudah terlambat. Ban Bridgestone itu harus dikendarai dengan lembut. Aku telah melihat telemetri Stoner, kurva throttle control-nya sangat lembut."

Apa yang kamu rasakan setelah melihat data Casey?

"Aku tidak berkecil hati dengan begitu baiknya dia berkendara, tapi pastinya sedikit menggangguku. Casey pandai menggunakan 'sudut' terbaik, artinya dia bisa membuka gas ketika motor dalam posisi selurus mungkin. Tidak benar kalau dia merebahkan motor lebih jauh daripada pembalap lainnya di tikungan: dia mencondongkan badannya sangat jauh dari motor, tapi motor tetap dalam posisi lebih tegak."

Capirex, bagaimana komentarmu setelah melihat data telemetri Stoner?

"Musim balap kami akan menjadi balapan yang sulit. Pastinya performa motor meningkat dan memiliki potensi yang besar. Kami perlu waktu, GP11 lebih kompetitif jika dibandingkan dengan yang pernah aku lihat sejauh ini. "

Kamu bisa paham kalau dia berkendara dengan sangat baik dan gaya berkendaranya tidak bisa ditiru?!

"Dia sangat banyak menggunakan rem belakang dan dia memberikan banyak tekanan pada rem belakang, dimana ini adalah hal yang sulit untuk dilakukan. Dalam situasi tersebut, aku tidak bisa melakukan hal yang sama. Sebaliknya, dia sangat lembut menggunakan rem depan, memberikan tekanan yang konstan pada rem depan."

Jadi benarkah bahwa Melandri berkata kalau hanya Stoner yang bisa mengendarai Ducati?

"Tidak, Melandri membuat kesalahan karena dia frustasi dan berhenti mencoba."

Di tempat yang berbeda, Valentino Rossi dimintai komentar mengenai data telemetri Stoner. Rossi pun memberikan komentar.

"Casey sangat bagus dalam membuka gas dan meluruskan motor, tapi aku sudah mengerti hal ini tanpa melihat telemetrinya. Hal ini penting untuk bisa melaju kencang, karena spec tires memberikan performa lebih rendah. Ini adalah suatu trik yang mana Casey mengetahuinya dengan baik. Ini juga penting karena berkendara seperti ini membuat motor berada pada posisi aman, jadi mungkin kita perlu mempelajarinya."

Arsip Sobat46