28 October 2012

Tikungan Ketiga Jadi Stoner Corner

Grand Prix Australia 2012 mungkin tidak akan pernah terlupakan bagi Stoner, karena Andrew Fox yang merupakan pemilik sirkuit dari Linfox Property Group memberikan suatu kehormatan kepada Stoner untuk menjadi nama salah satu tikungan karena telah memenangkan balapan di Phillip Island selama 5 tahun terakhir. Stoner diperbolehkan untuk memilih tikungan mana yang dia inginkan, dan akhirnya Stoner memilih tikungan tiga yang merupakan tikungan cepat menurun ke arah kiri dimana para pembalap MotoGP melibasnya dengan kecepatan lebih dari 250 km/jam.

Stoner memilih tikungan ini karena pada awalnya tikungan ini memberikan paling banyak masalah bagi Stoner, namun keinginannya untuk menaklukkan tikungan ini berbuah manis dan sekarang tikungan ini merupakan suatu kekuatan baginya dalam menaklukkan sirkuit Phillip Island.

"Itu adalah tikungan yang sangat rumit, memberikan beban penuh pada ban depan dan dengan angin yang normalnya datang dari bagian dalam tikungan, rasanya seperti terdorong dan membuatmu tersapu. Pada gigi lima dimana ban depanmu tersapu rasanya sangat tidak enak."

"Pada awalnya mungkin itu adalah kelemahanku di sirkuit ini dan aku memutuskan untuk menaklukkannya. Sekarang mungkin tikungan itu adalah tempat terbaik bagiku untuk mendapatkan waktu yang bagus. Cara kami melibasnya agak berbeda dengan pembalap lain. Mungkin sekarang adalah tikungan favoritku di dunia dan dinamakan dengan namaku merupakan suatu yang spesial."

Selain Stoner Corner, Phillip Island juga telah memiliki Doohan Corner yang dinamai dari juara dunia lima kali GP 500, Mick Doohan serta Gardner Straight yang dinamai dari Wayne Gardner yang juga merupakan pembalap Australia.

Arsip Sobat46