04 February 2012

Rossi: Peningkatan Yang Konsisten Pada GP12

Dua belas bulan telah berlalu sejak pertama kalinya Valentino Rossi menyadari kalau pernikahannya dengan Ducati tidak akan memberikan bulan madu yang menyenangkan. Musim pertama Rossi dengan Ducati memberikan hasil yang mengecewakan dan menuntut kerja keras tinggi itu akhirnya membuahkan hasil. Kini Rossi dan Ducati bisa melihat cahaya terang di ujung lorong yang gelap.

Pada akhir uji coba Sepang, Rossi memberikan keterangan mengenai hasil uji coba secara keseluruhan.

"Hasilnya tentu saja positif. Uji coba ini sangat penting karena merupakan debut motor baru kami. Hanya dua pembalap Honda dan dua pembalap Yamaha yang berada di depan kami."

Rossi tidak menampik kalau gap dengan Stoner masih cukup besar hingga mencapai 1.2 detik.

"Tapi Lorenzo lebih dekat, hanya terpisah 0.6 detik dan yang paling penting gap tersebut tetap konstan dalam waktu tiga hari ini. Aku juga semakin cepat seiring dengan semakin cepatnya Jorge. Motor saat ini bereaksi dengan baik terhadap perubahan yang kami lakukan, yang mana pada beberapa bulan yang lalu kami telah mencapai batasnya sehingga tidak bisa bergerak lebih jauh. Kami tahu kalau masih banyak yang harus dikerjakan, tapi sekarang kami tahu secara spesifik apa yang harus kami butuhkan, dan aku fikir mereka di pabrik Ducati sudah memiliki ide. Beberapa komponen telah dipersiapkan dan yang lainnya akan dibuat berdasarkan feedback dari uji coba ini."

Kita senang melihat optimisme pada kubu Ducati dan jelas Rossi juga merasakan hal yang sama.

"Rasanya lebih asyik bekerja dalam atmosfer seperti ini, terutama setelah kita mencapai hasil seperti ini. Ini seperti keajaiban, tapi kita tidak boleh terlalu senang. Aku harap semua pembalap akan lebih cepat ketika kita kembali lagi ke Sepang ini tiga minggu lagi. Kita punya dua atau tiga masalah untuk diselesaikan, terutama pada tahap awal akselerasi karena motor ini masih sulit untuk dikontrol. Tapi jika kita bisa menangani masalah ini, mungkin kita bisa mendapatkan best lap yang jauh lebih cepat lagi."

Jadi saat ini proyek Ducati bukanlah seperti mission impossible lagi dan mereka tidak harus mengharapkan keajaiban lagi.

"Paket awal ini sudah bagus dan catatan waktuku juga menarik. Kita tahu apa yang harus dikerjakan dan ketika kami melakukan perubahan, motor akan merespon sesuai dengan yang kami harapkan. Banyak yang harus dikerjakan, tapi aku senang, setiap uji coba GP12 selalu terasa lebih baik daripada sebelumnya."

Pastinya fans Ducati, terutama fans The Doctor mengharapkan trend positif ini tetap berlangsung dan pada akhirnya Ducati bisa kembali head-to-head dengan Honda yang saat ini merupakan motor yang paling kompetitif di grid MotoGP.

Arsip Sobat46