Rahasia sesungguhnya dari Ducati GP12 terletak di balik fairing dan pada saat presentasi pun direktur teknis Ducati, Filippo Preziosi tetap tutup mulut mengenai desain terbarunya. Satu-satunya konfirmasi yang dia berikan adalah sudut antar silinder mesin tetap 90° dan mereka telah membangun mesin kapasitas penuh, yaitu 1000cc. Kita juga bisa mengamati bahwa sekarang radiator dibuat satu lapis, tidak seperti pada musim sebelumnya. Hal ini membuat kita meyakini bahwa mesin telah dirotasi ke belakang, sehingga memungkinkan para engineer untuk meletakkan radiator jauh pada bagian depan sasis, sehingga memberikan beban yang lebih besar pada front end. Desmosedici atau D16 akan tetap menjadi motor yang unik.
Yang jelas terlihat adalah corak motor baru Ducati yang mengusung satu warna baru yang selama ini tidak pernah ada dalam kamus Ducati, yaitu warna hijau. Striping hijau pada fairing depan dan buritan motor memperkuat kesan tricolor ala bendera Italia. Bukan hanya itu, warna putih pada motor Ducati sekarang juga sebanding dengan warna merah yang selama ini mendominasi. Sangat cocok jika ada pembalap Indonesia yang menjadi pembalap pabrikan Ducati dengan warna motor yang sangat mewakili negara tercinta kita.
Berikut koleksi foto dari acara presentasi Ducati.
Rossi Berpose Dengan GP12 |
Bagian Depan |
Buritan |