31 October 2008

Kepergian Michelin membawa duka.


Setelah 36 tahun ikut dalam event balap paling bergengsi MotoGP, Michelin ngucapin terima kasih kepada semua tim dan pembalap yang mempercayakan karet bannya pada mereka selam periode tersebut. Sampai akhir balapan di Valencia yang lalu, 42 pembalap pernah menang dengan menggunakan ban Michelin, dan memberikan pabrikan ban asal Perancis ini 360 kemenangan di kelas yang paling bergengsi.

Berikut beberapa sejarah mereka.
Pada tahun 1973, Jack Findlay menjadi pembalap pertama yang menjadi pemenang bersama Michelin, dia juga menjadi orang pertama yang menggunakan ban Michelin dengan teknologi slick [tanpa ragi, seperti yg sekarang ini kamu diat di arena balap]. Kemudia Barry Sheene memenangkan juara dunia pertamanya dengan menggunakan ban slick Michelin di kelas 500cc pada tahun 1976. Wah, belom lahir gw tuh...

Pada tahun 1984, Randy Momola memenangkan balapan dengan menggunakan teknologi radial dari Michelin. Momola yang masih balapan sampai tahun 2008 ini mengatakan bahwa dirinya bangga telah memberikan kontribusi dalam teknologi radial terbaru yang dapat digunakan pada motor harian dan para pengendara motor dapat merasakan manfaatnya.

Mick Doohan juga pernah menjadi pembalap yang menikmati teknologi Silica saat balapan basah di Suzuka tahun 1992. Sepanjang tahun 1994 teknologi dual rubber Michelin telah memberikan kemenangan kepada Mick Doohan, Kevin Schwantz, Luca Cadalora, dan John Kocinski.

Saat ini teknologi dual-rubber ini dipasarkan dengan nama 2CT (Two-Compound Technology).

Mulai awal tahun 2002, para ahli kimia Michelin memperkenalkan komponen karet sintesis baru, ini juga memungkinkan Valentono Rossi untuk meroket bersama Honda. Faktanya, kemenangan sepanjang tahun 2002 adalah dengan menggunakan ban dengan revolusi komponen sintetis.

Dalam 36 tahun mengikuti MotoGP, ban Michelin mengantongi 26 juara dunia.

Michelin ngucapin salam perpisahan dgn komentar resmi berikut:
"Jiwa berkompetisi selalu ada dalam hati Michelin. Balapan adalah bagian dari sejarah perusahaan kami dan kami adalah bagian dari sejarah balapan. Sekarang MotoGP akan menjadi kejuaraan dengan satu jenis ban. Michelin akan meninggalkan MotoGP karna gak ada lagi kompetisi di area ban."

Duh, sedih banget denger komentar dari Michelin bo'...
Semoga Michelin beristirahat tenang di alamnya.... Huahahaha....

Arsip Sobat46