31 October 2008

Kembalinya Sete Gibernau


Musuh bebuyutan Rossi beberapa tahun yang lalu ini akan kembali ke dunia MotoGP dengan menggunakan Ducati spek satelit yang disponsori oleh Francisco Hernando Onde 2000, yang dimanajeri oleh "12+1" Anak dari mantan pembalap legendaris Spanyol Angel Nieto yaitu Pablo dan Gelete.

Gibernau yang saat ini sudah berumur 35 tahun tentunya gak akan mudah untuk bersaing dengan para pembalap MotoGP yang masih muda dan agresif, jadi seberapa lama Gibernau bisa bertahan, kita liat aja...

Pembalap veteran asal Spanyol ini pernah menang 9 kali di kelas 500cc/MotoGP dan kemenangan terakhirnya pada tahun 2004 di Qatar Grand Prix. Balapan di sirkuit padang pasir ini menjadi saksi bahwa Rossi mendapatkan hukuman start dari posisi paling belakang. Hal ini terjadi karena adanya pembersihan posisi start pada malam sebelum berlangsungnya balapan, dan hal ini diprotes Gibernau sehingga Rossi kena penalti yang membuatnya finish tanpa poin.

Setelah balapan, Rossi menyalahkan Gibernau terhadap protes tentang pembersihan grid yang menyebabkannya start dari posisi buncit. Dengan marahnya The Doctor menyatakan bahwa Gibernau "tidak akan pernah menang lagi". Walaupun hubungan diantara keduanya telah membaik, namun "kutukan" Rossi belum juga terpecahkan hingga saat ini. Mampukan Gibernau memecahkan kutukan Rossi pada musim ini?

Berikut ini adalah catatan tentang perjalanan karir Sete Gibernau di kelas tertinggi.

500cc/MotoGP: 9 (wins), 30 (podiums), 13 (poles), 8 (fastest laps).

2006: Ducati 13th in world championship.
2005: Honda 7th in world championship.
2004: Honda 2nd in world championship (4 wins).
2003: Honda 2nd in world championship (4 wins).
2002: Suzuki 16th in world championship.
2001: Suzuki 9th in world championship (1 win).
2000: Honda 15th in world championship.
1999: Honda 5th in world championship.
1998: Honda 11th in world championship.
1997: Yamaha 13th in world championship.

Alex de Angelis gak mau ngasih nomer 15-nya yang dipakenya di lintasan MotoGP, Nomer 15 ini adalah nomer kebanggaan yang selalu dipake Gibernau sepanjang karirnya. Jadinya Gibernau milih nomer 59, yang deh, asalnya dari tahun 1959, tahun dimana Sang Kakek yang bernama Francisco Xavier 'Paco' Bulto, sang pemilik pabrikan Bultaco memproduksi motor pertama mereka. Nah, ini dia motor yang bakalan dipake ama Sete taon depan.

Perjuangan Gibernau gak akan mudah, banyak rider baru dalam 2 tahun terakhir sepeninggalnya.

Arsip Sobat46