22 August 2009

Stoner Takut Kalo Traksi Kontrol Dihapuskan


Stoner berharap bahwa MotoGP tidak akan menghapuskan traksi kontrol sebagai salah satu sistem yang dianggap bermanfaat terhadap keselamatan para pembalap.

Para pembalap terus saja mengeluh bahwa elektronik mengambil peran terlalu besar dalam mengontrol motor di ajang MotoGP sehingga mereka berharap elektronik akan dikurangi bahkan kalo perlu dihilangkan sekalian. Hal ini mencuat setelah banyak komentar dari pembalap bahwa terlalu mudah untuk melahap trek Donington Park yang licin pada saat hujan.

Walaupun Stoner setuju dengan pendapat para pembalap lain, pembalap Australia ini tidak dapat membayangkan bagaimana jadinya kalo pembuat keputusan menyetujui permintaan para pembalap untuk menghapuskan traksi kontrol. Ya jelas aja Stoner takut, tanpa software traksi kontrol hibah dari Ferrari tentu saja motor Ducati sangat liar untuk dikendarai.

“Aku setuju banget. Masalahnya traksi kontrol tak akan bisa dihilangkan sekarang, patah tulang berkurang sekitar 70% hingga 80% daripada sebelumnya. Lebih sedikit kecelakaan, lebih sedikit masalah, trus bagaimana kita akan kembali sekarang? Gak ada alasan kalo untuk masalah keamanan.”

“Traksi kontrol menyelamatkan banyak orang dari kesakitan. Lorenzo dan aku telah membuktikan bahwa dengan traksi kontrol masih bisa terbang. Sejujurnya jika saat ini masih ada 500cc atau 1000cc versi awal tentunya masih banyak pembalap yang terbang dan melukai dirinya.”

Stoner percaya bahwa traksi kontrol akan mulai menjadi salah satu elemen paling penting di MotoGP.