18 July 2012

Intermediate Step Sambil Menunggu Update Mesin

Uji coba Mugello yang dilakukan pada hari senin yang lalu ternyata berakhir mengecewakan karena Rossi tidak bisa mencoba update yang sebelumnya direncanakan untuk dicoba pada uji coba post race ini.

Update sasis yang merupakan usaha untuk menyeimbangkan distribusi beban, mesin untuk agar mudah dikendarai serta komponen elektronik merupakan komponen yang paling ditunggu untuk dicoba pada uji coba ini, sayangnya upgrade full engine tersebut belum tersedia dan Rossi memberikan penjelasan bawa uji coba yang dilakukan pada hari senin yang lalu merupakan intermediate step yang difokuskan pada sistem manajemen mesin.

"Mereka memiliki beberapa komponen untuk dicoba, tapi lebih untuk jangka panjang, karena perubahan substansial untuk power delivery belum siap."

"Jadi ini adalah langkah intermediate, sistem manajemen mesin sementara melalui ECU baru. Feeling awal bagus dan aku langsung bisa mendapatkan catatan waktu yang bagus dengan ban yang sudah terpakai."

Sayangnya ECU baru tersebut membuat motor menjadi stall pada pukul 4 sore yang menyebabkan Rossi terjatuh. Demi alasan keselamatan maka Ducati menyudahi uji coba lebih awal. Rossi hanya menyelesaikan 23 lap dimana tertinggal 1,130 detik dari Lorenzo.

"Ketika aku mulai lagi setelah break, motor stalled di tikungan Correntaio dan aku terjatuh."

"Untungnya karena aku menikung terlalu jauh pada titik itu, sehingga aku tipped over, untung tidak ada hal buruk yang terjadi. Demi alasan keselamatan, kami memutuskan untuk berhenti karena engineer harus menganalisis data untuk memahami apa yang terjadi."

"Kami juga punya beberapa komponen yang berbeda untuk sasis, tapi kami tidak bisa mengujinya karena kami harus berhenti lebih awal. Akhirnya ya ini bukanlah hari yang produktif, walaupun impresi awal dengan perubahan ini cukup bagus."

Belum jelas apakah Rossi akan memakai ECU atau paket manajemen mesin baru ini pada seri Laguna Seca mendatang yang akan digelar pada akhir bulan ini.

Arsip Sobat46