06 August 2013

Uji Coba Seamless Shift Gearbox di Brno

Tim uji coba Yamaha hadir di Motegi Jepang beserta dengan tim Honda dan Suzuki, termasuk Casey Stoner yang diundang oleh Honda untuk membatu mereka mengembangkan motor. Di belahan bumi yang berbeda, tim utama pabrikan Yamaha bersiap untuk melakukan uji coba tertutup di Brno pada pekan ini.

Uji coba tahunan di Brno biasanya berlangsung setiap bulan Agustus dimana Yamaha akan memperlihatkan prototype barunya untuk musim berikutnya. Namun uji coba tahunan kali ini sepertinya tidak akan dilangsungkan karena jatuh di antara balapan Indianapolis dan balapan Silverstone dan hanya berselang satu pekan saja, sehingga praktis tidak ada waktu untuk melaksanakan uji coba tersebut.

Namun Yamaha telah membuat janji untuk melakukan uji coba tertutup selama dua hari di Brno yang akan di mulai esok hari pada hari Rabu dan beberapa sumber menyatakan bahwa YZR-M1 baru siap untuk dievaluasi.

Uji coba Brno pekan ini hampir bisa dipastikan bahwa kita akan bisa melihat Rossi dan Lorenzo mendapatkan kesempatan pertamanya untuk mencoba seamless shift gearbox baru untuk motor mereka. Yamaha termasuk pabrikan yang terlambat dalam menyiapkan teknologi ini, sebab Honda dan Ducati sudah menggunakannya sejak tahun 2011. Semoga keterlambatan ini tidak sia-sia, artinya kita berharap akan terjadi peningkatan performa yang cukup signifikan dari hasil kerja engineer Yamaha selama ini. Seamless shift gearbox membantu meningkatkan kestabilan akselerasi pada saat melakukan upshifting atau menaikkan gigi transmisi.

Secara matematis, Lorenzo dan Rossi masih memiliki kesempatan untuk mendapatkan gelar juara dunia MotoGP tahun ini, sehingga belum bisa dipastikan apakah Yamaha akan mengambil risiko menggunakan teknologi terbarunya pada paruh kedua musim ini.

Arsip Sobat46