22 August 2013

Kapan Sih SSG (Seamless Shift Gearbox ) Bisa Dipakai?

Uji coba seamless shift gearbox di Brno pada awal bulan ini memang memberikan respon positif dari Rossi. Tapi yang menjadi masalah adalah kapan komponen baru ini bisa digunakan untuk balapan. Berikut komentar Rossi.

"Aku sungguh tidak tahu kapan kami bisa menggunakannya pada balapan. Aku dan Jorge sangat mendorong agar bisa digunakan secepat mungkin, karena sangat bagus."

"Orang Jepang  mengatakan bahwa kami harus tenang karena gearbox adalah sesuatu yang kritis dalam hal reliabilitas. Jadi kami harus siap 100% dulu, tapi aku harap bisa menggunakannya sesegera mungkin. Sayang sekali kita harus kembali ke gearbox normal karena setelah mencoba seamless, gearbox normal terasa sangat lambat."

Rossi dan Lorenzo saat ini sudah membuka mesin keempat dari lima mesin jatah tahun 2013 mereka dan secara teknis tidak mungkin untuk menggunakan gearbox baru hingga seri penutup, kecuali jika gearbox baru ini cocok dengan mesin yang sedang digunakan.

"Aku tidak tahu apakah mungkin untuk meletakkan gearbox tersebut di mesin ini ataukah kami harus menunggu hingga mesin terakhir. Aku benar-benar tidak tahu. Jika kami harus menunggu hingga mesin terakhir, berarti dua atau tiga balapan terakhir kalau begitu."

Dengan Rossi yang peluangnya untuk mendapatkan juara dunia semakin menipis, tentunya akan memberikan beban yang lebih sedikit jika melakukan gambling dalam menggunakan seamless shift gearbox untuk mendapatkan kemenangan tambahan pada musim ini.

Arsip Sobat46