09 May 2012

Preziosi: "Kami Bekerja Pada Semua Aspek Motor"

Sebenarnya Filippo Preziosi lebih suka jika uji coba dilakukan pada hari senin yang lalu, namun pada hari senin Preziosi bisa menyimak setiap komentar dan kritik dari pembalapnya mengenai update GP12. Hujan yang sering terjadi di Estoril membuat jadwal uji coba terpaksa ditunda dan tim Ducati hanya bisa mengemasi motor mereka dan menunggu uji coba pasca GP Italia pada bulan depan.

"Cuaca telah menggagalkan semua rencana kami. Kami berharap hujan datang pada hari minggu saat balapan dan senin cerah untuk uji coba, sayangnya itu tidak seperti yang kita inginkan," ungkap Preziosi sambil bercanda.

Apa yang tadinya akan dites oleh Rossi dan Hayden pada hari ini?

"Valentino dan Nicky bakal mengevaluasi beberapa komponen dan kemudian bertukar peran pada uji coba Mugello. Kita sedang membicarakan update mesin dan sasis."


Rossi selalu mengatakan bahwa power delivery terlalu kasar.


"Ini yang sedang kita kerjakan. Kami siap untuk mencoba mesin yang telah dimodifikasi dengan beberapa perubahan fitur mekanis dan dengan kurva tenaga yang berbeda yaitu tenaga yang lebih kecil pada putaran yang lebih tinggi dan lebih banyak torsi pada putaran rendah."

Apa tujuannya?

"Agar lebih mudah dikendarai. Kita lihat apakah solusi ini akan berhasil. Karena mesin 1000cc sudah memiliki torsi besar sehingga peningkatan torsi di putaran atas tidak akan berguna karena hanya akan membuat elektronik bekerja lebih keras. Untuk mengetahuinya secara pasti kita harus mengujinya di trek."

Apakah kamu juga akan memodifikasi sasis?

"Kami bekerja pada setiap aspek motor. Saat ini front end tidak lagi menjadi prioritas dan kami sedang fokus pada rear end. Kami harus mendapatkan lebih banyak grip pada saat masuk dan keluar tikungan."

Musim ini tidak dimulai dengan keadaan terbaik.

"Tantangan yang kami hadapi ini sangat sulit dan kami tahu itu dari awal. Kami bersaing melawan Honda dan Yamaha sementara banyak pabrikan lain yang sudah menyerah. Kami menginginkan kemenangan dan kesulitan apapun akan menjadi motivasi bagi kami untuk tetap berbenah."

Balapan di Estoril lebih baik untuk Rossi berkat setup Hayden.

"Performa Rossi meningkat secara konstan sepanjang akhir pekan dan tidak ada gap yang sangat besar lagi terhadap leader. Memang ini bukanlah hasil yang kami harapkan untuk Valentino, namun kami menuju kesana selangkah demi selangkah. Setup tersebut tidak baru, itu sudah pernah digunakan pada awal musim lalu."

Ini bukan pertama kalinya kamu kehilangan setup, seperti saat uji coba Sepang kedua pada musim dingin yang lalu. Kanapa itu bisa terjadi?

"Motornya persis sama, tapi itu tergantung pada tim yang dipimpin oleh Jeremy Burgess dan Valentino yang menentukan komponen dan setting mana yang akan digunakan. Jeremy memiliki kebebasan penuh dalam hal ini. Terkadang kamu membuat kesalahan, tapi orang-orang yang open minded pasti mau untuk melihat ke belakang ketika mereka melakukan kesalahan."

Apakah kamu masih yakin kalau Ducati harus didesain agar cocok dengan feedback dari Valentino?

"Aku fikir bahwa Desmosedici harus cocok dengan Rossi karena jika cocok dengannya maka kami akan memiliki motor yang kompetitif untuk semua pembalap kami."

Arsip Sobat46