21 May 2012

Rossi: Aku Membuktikan Bahwa Aku Belum 'Habis'

Keberuntungan berpihak kepada yang berani dan pastinya Rossi tidak kekurangan keberanian pada saat balapan dalam kondisi basah Le Mans. Pastinya hujan merupakan rahmat bagi Rossi.

"Aku berharap hujan, walaupun jika berharap hujan biasanya berarti bahwa kamu sedang tidak kompetitif," canda Rossi.

"Stoner adalah kompetitor yang spesial, jadi menyenangkan bisa bertarung dengannya. Aku kehilangan kesempatan itu sejak pindah ke Ducati dan dia pindah ke Honda."

Apakah kamu mengingat balapan Jerez 2011?

"Tentu iya. Tahun lalu aku aku terlalu berburu-buru. Aku berkendara seperti pembalap yang tidak berpengalaman dan aku melakukan kesalahan yang juga membuat Casey keluar. Kali ini aku lebih tenang dan aku memutuskan untuk mengikutinya beberapa saat."

Pada beberapa kesempatan kamu kehilangan kontak dengan Stoner...

"Aku memiliki masalah dengan helm. Kaca helmku mulai berembun dan aku sangat cemas karena hal itu tidak pernah terjadi sebelumnya. Untung aku bisa sedikit membuka kaca helm dan masalah pun teratasi. Aku kehilangan 2 sampai 3 detik karena hal itu, sehingga Dovi dan Crutchlow menyalipku."

Apakah itu adalah momen tersulitmu dalam balapan?

"Aku memberikan yang terbaik pada 10 lap terakhir, berharap berhasil lari dari Yamaha di belakangku. Aku harus bekerja keras untuk tetap jauh dari mereka dan mengejar Stoner."

Apakah posisi kedua ini hampir seperti sebuah kemenangan?

"Menang adalah hal lain, tapi hasil ini sangat penting bagiku, timku, dan semua orang di Ducati."

Apakah ini merupakan pesan kepada orang-orang yang mengatakan bahwa kamu sudah 'habis'?

"Aku tidak membalap untuk alasan itu. Aku tahu kalau hal itu tidak benar dan hari ini aku benar-benar memiliki kesempatan untuk menunjukkannya. Tentunya aku kurang senang dengan kritikan itu, tapi aku meresponnya dengan senyuman. Dari luar akan sulit untuk memahami situasi yang ada dan mudah untuk mengatakan bahwa seseorang telah kehilangan potensi."

Ducati terus terlihat bagus pada saat basah. Sudah tahukah kenapa?

"Belum sepenuhnya. Hal yang aneh adalah hal itu menjadi kelemahan kami pada kondisi kering, akselerasi adalah kekuatan kita pada hari ini. Mungkin karena kami memangkas tenaga pada kondisi hujan sehingga kami lebih bisa mentransfer semua tenaga yang tersedia ke permukaan sirkuit. Bahkan masalah understeer kami pun berkurang pada kondisi hujan. Ujung-ujungnya aku fikir bahwa setiap motor memiliki karekteristik tertentu dalam DNA-nya dan Ducati bagus pada kondisi basah."

Setelah hasil ini, apakah kamu mendapatkan motivasi untuk terus meningkatkan diri?

"Tak diragukan lagi, motivasi dan keinginan yang kuat untuk membuat Ducati menjadi lebih kompetitif. Kesalahan utama adalah berkecil hati setelah uji coba pertama, ketika aku menyadari bahwa kami tidak bisa langsung bertarung mendapatkan kemenangan."

Apa harapanmu di Barcelona pada dua pekan kedepan?

"Pastinya bukan bertarung untuk podium, kerena kami masih sangat kesulitan pada kondisi kering. Tujuannya adalah untuk melawan tim satelit Yamaha."

Akankah uji coba di Mugello membantu?

"Kami memiliki komponen baru untuk dicoba, semoga bisa membuat kami selangkah lebih maju."

Arsip Sobat46