06 May 2012

Rossi: "Aku Siap Bertempur!"

"Aku tidak gembira, tapi aku cukup puas karena kami telah bekerja dengan baik terhadap motor sepanjang pekan ini dan kami terus meningkat dari satu sesi ke sesi lainnya. Aku merasa siap untuk balapan. Pada balapan sebelumnya aku menderita pada hari Sabtu siang, namun hari ini lebih baik dan pace balapku pun tidak terlalu buruk."

Dari komentar Rossi bisa kita tarik kesimpulan bahwa Rossi cukup senang dengan progress yang dicapainya.

Apa tujuanmu dalam balapan nanti?

"Tetap bisa membalap bersama dengan grup kedua seperti Hayden, Barbera, dan Dovi. Kami semua memiliki race pace yang mirip, bahkan Spies juga cukup dekat. Hanya detailnya saja yang membuatnya berbeda."


Detail yang mana?


"Mulai balapan dan di opening lap. Dan dari baris ketiga akan lebih mudah untuk mendapatkan start yang baik karena Ducati selalu bagus pada saat start."

Bagaimana dengan masalah ban?

"Bagian kedua balapan pasti akan menarik. Ketika ban mulai sliding, kita akan lihat bagaimana pace yang bisa aku pertahankan dan bagaimana pace pembalap lainnya."

Apakah kamu siap untuk bertarung?

"Hari ini kami bisa improve pada sektor akhir sirkuit dengan memberikan beban lebih pada ban belakang untuk mendapatkan grip yang lebih baik. Aku bahkan cukup bagus dalam pengereman, jadi aku pikir itu akan menguntungkan."

 Apakah kamu sudah memilih ban belakang?

"Aku masih ragu. Aku lebih cepat pada ban soft, namun pada bagian akhir balapan akan sulit nantinya. Ban dengan komponen hard lebih konsisten walaupun memberikan catatan waktu yang lebih lambat. Kami harus menunggu sampai besok (Minggu), karena kondisi trek dan temperatur juga menjadi faktor yang penting untuk mengambil keputusan."

Bagaimana dengan ban depan?

"Aku sudah mencoba komponen ban, yang paling keras, tapi aku tidak yakin terhadapnya. Pastinya itu adalah pilihan terbaik untuk Jerez, tapi disini aku kesulitan di beberapa tikungan. Aku melihat Lorenzo melakukan run yang bagus dengan ban depan hard, sementara pembalap Ducati lainnya kesulitan dengan komponen tersebut. Saat ini aku lebih cenderung ke komponen soft."

Apakah kamu akan melakukan perubahan pada saat warm up nanti?

"Tidak, kami hanya harus menentukan pilihan ban saja."

Beberapa pembalap CRT menyebabkan kontroversi dengan mem-block pembalap lain yang sedang melakukan flying laps.

"Masalahnya bukan pada CRT, tapi pada pembalapnya. Hal ini bahkan terjadi pada beberapa pembalap MotoGP. Selama sesi kualifikasi mereka melambat agar bisa melakukan towing dengan pembalap yang lebih cepat. Pada trek yang sempit dan berliku seperti Estori, maka akan sulit untuk menghindari mereka. Pastinya ini agak berbahaya."

Arsip Sobat46