05 May 2012

Rossi: "Sekarang GP12 Lebih Baik!"

Rossi berada di posisi kesembilan pada sesi latihan bebas kedua dengan jarak 0,961 detik terhadap pembalap tercepat, Stoner. Rossi juga tertinggal 0,338 detik dari Hayden. Namun terlihat sedikit kemajuan dari komentar yang dilontarkan The Doctor.

"Hari ini tidak terlalu buruk. Sekarang GP12 sudah agak lebih mengikuti riding style-ku dan aku lebih bisa push mendekati limit. Aku bisa mengerem lebih kuat dan masuk tikungan dengan agresif. Singkat kata, motor lebih baik."

Rossi memiliki catatan waktu yang mendekati pembalap terdepan pada beberapa bagian trek.

"Pengereman dan titik masuk tikungan di tikungan 1 dan tikungan 3 sangat penting dan catatan waktu mengindikasikan kalau setelan baru kami menuju arah yang benar. Pada sektor lainnya akselerasi lebih penting dan kami terkendala disana. Yang menjadi penyebab adalah aspal baru yang kering tidak secepat lapisan aspal lama dan meninggalkan genangan air di tikungan terakhir. Aku belum bisa sepenuhnya yakin dengan ban belakang. Masih banyak bergerak dan sliding."


Tentu saja masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan.


"Malam ini aku akan melihat data bersama timku dan kita perlu tahu kenapa kehilangan banyak waktu di tikungan terakhir. Kami harus membereskan komponen elektronik dan memodifikasi engine braking. Kami juga perlu bekerja pada titik masuk tikungan menurun karena ban belakang mengangkat, padahal seharusnya tidak."

Rossi juga membutuhkan banyak waktu di atas motor pada kondisi kering.

"Sekarang aku perlu menemukan keyakinan yang besar dengan setelan baru dan sedikit menyesuaikannya terhadap riding style-ku. Selain itu ya menyetel detail lainnya."

Sesi uji coba hari Senin nanti akan sangat penting bagi kubu Ducati, tapi tentunya Rossi akan fokus untuk mendapatkan hasil yang layak pada akhir pekan ini.

"Aku sudah bicara dengan Preziosi, tapi aku belum tahu apa pastinya yang akan aku uji. Pastinya akan ada beberapa update, terutama untuk memperlembut power delivery, tapi aku belum tahu detailnya."

Good luck for you, Vale!

Arsip Sobat46