15 June 2011

Semoga Rossi Segera Bangkit Dari Keterpurukan Silverstone

Grand Prix Inggris yang digelar di sirkuit Silverstone praktis menjadi balapan terburuk bagi Rossi dan Ducati dimana Rossi masih kesulitan untuk mengendarai Ducati seperti yang dia inginkan. Tentu saja hal ini bisa terjadi karena semua komponen tim tidak lebih efektif dalam bekerja jika dibandingkan dengan tim Honda dan Yamaha.

Apa menurutmu tim Nicky memiliki keuntungan karna mereka lebih berpengalaman dengan motor?

"Familiar dengan motor pastinya sangat membantu karena motor tersebut bereaksi terhadap perubahan dengan cara yang agak aneh, tapi kita tidak bisa mengatakan kalau mereka lebih baik hanya karena memiliki pengalaman lebih. Mereka lebih baik, titik! Pada hari ini dari pagi hingga siang, Hayden berhasil memangkas 3 hingga 4 detik dari catatan waktunya, sementara aku lebih cepat pada sesi warm-up jika dibandingkan dengan saat balapan."

Apakah kurangnya pengalaman terhadap trek menjadi faktor terbesarmu?

"Pada akhirnya sih hal itu menjadi hal yang menyulitkan untuk mempelajari sirkuit yang sulit dengan motor yang tidak disetel dengan baik. Masalahnya karena kami memulai akhir pekan jauh tertinggal dari pembalap tercepat dan kami tidak bisa memecahkan masalah masalah apapun sepanjang akhir pekan."

Ducati masih bekerja keras pada motor. Apakah update ini akan meningkatkan kedekatanmu dengan motor itu?

"Tidak akan ada perubahan yang radikal, kami perlu menemukan solusi untuk 2 atau 3 hal, dan aku harap update akan segera tiba walaupun tidak akan siap sebelum Mugello. Aku tidak bisa mengatakan apakah update tersebut berguna hingga aku mencobanya sendiri. Kami telah memberikan petunjuk yang spesifik kepada pabrikan, tapi hanya ketika kami mencobanyalah kami baru tahu apakah mereka memberikan komponen yang benar ataukah tidak, dan apakah Ducati bisa merubanya lagi menjadi update yang berguna."

Apa yang membuatmu crash pada sesi warm-up pagi ini?

"Aku sedang meningkatkan catatan waktu terbaikku hingga 1,5 detik, tapi pada titik tertentu aku menemukan De Puniet di tengah trek dan dia memperlambatku. Ini membuatku sedikit kecewa, aku mengerem 5 meter lebih lambat pada tikungan berikutnya dan kehilangan grip ban depan. Motor kami selalu berada pada limitnya di tikungan itu."

Edwards dan Simoncelli adalah teman baikmu. Yang satu mendapatkan podium setelah cidera, sementara yang satu lagi terjatuh. Bagaimana menurutmu performa mereka?

"Aku sangat senang ketika melihat Colin naik podium. Dia adalah teman yang baik dan pribadi yang menyenangkan. Aku memberikan pujian pada lap penutupan (cool-down lap) karena dia baru saja melakukan operasi beberapa hari yang lalu! Sayangnya Simoncelli melakukan kesalahan pada saat dia berada pada kondisi bagus. Aku fikir dia harus mengerti kenapa dia melakukan kesalahan ini, itu saja! Aku turut bersedih, tapi dia sangat cepat, jadi cepat atau lambat momen baginya akan datang."

Arsip Sobat46