23 June 2011

Bukti Bahwa Ducati Tidak Curang

Seperti yang telah kita duga sebelumnya, kabar mengenai Ducati yang akan melakukan debut GP11.1 di Assen nanti pasti akan menuai kontroversi. Tentu saja hal ini disulut oleh media yang memberikan opininya hanya dengan melihat dari satu sudut pandang saja, padahal seharusnya media bisa mengekspolari suatu berita dari setiap sudut pandang yang berbeda.

Salah satu media , Germàn Garcia Casanova, menuduh Pabrikan Italia, Ducati, melakukan kecurangan pada saat melakukan uji coba di Mugello. Media ini mengklaim kalau Ducati menggunakan cover GP12 untuk mengevaluasi mesin GP11 yang dipakai pada musim ini.

Klaim ini cukup menghebohkan untuk menjadi bahan konsumsi publik dan cukup memanaskan suasana, sayangnya tidak didukung oleh asumsi yang valid. Peraturan uji coba MotoGP melarang pembalap untuk menguji motor yang mereka gunakan dalam musim ini, tapi memberikan pengecualian untuk motor 2012 nanti. Nah, berangkat dari peraturan tersebut, mari kita lihat dengan seksama pada gambar di atas!

Bagi kita yang merupakan GP Mania, pasti kita bisa langsung menyimpulkan dari desain knalpot bahwa motor yang digunakan Rossi bukanlah motor GP11. Jelas sekali kalau argumen yang menyatakan kalau Rossi menggunakan GP11 itu adalah negatif. Oops..!! Bukan hanya itu, kita masih punya bukti lho.. :)

Motor Ducati itu tidak punya struktur sasis/frame yang konvensional seperti pada motor Jepang, dimana pada motor dengan sasis konvensional kita bisa memasang mesin apapun pada sasis motor. Sementara pada Ducati, mesin adalah struktur utama yang berlaku sebagai sasis dimana dipasangkan langsung suspensi depan dan belakang padanya, dan yang pasti, mesin 2011 memiliki mounting point yang berbeda jika dibandingkan dengan mesin 2012. Habis perkara! :D

Arsip Sobat46