16 September 2011

Debut Aluminium Di Aragon

Revolusi yang sangat dinantikan akhirnya tiba. Ducati mengucapkan selamat tinggal pada carbon fiber dan beralih menggunakan aluminium. Aluminium digunakan sebagai material pembangun sasis yang diuji oleh Valentino Rossi di Mugello pada pekan lalu ini akan melakukan debut pada akhir pekan ini di Aragon. Ini bukanlah sasis dengan desain Deltabox, melainkan lebih pada suatu struktur yang sangat mirip dengan yang digunakan pada Desmosedici sebelumnya.

"Filosofi motornya tidak berubah - kata Rossi - tapi sekarang komponen sasis bagian depan terbuat dari aluminium dengan sedikit perubahan bentuk. Kami selangkah maju dengan evolusi motor untuk memahami bagaimana kelakuan GP12."


"Perubahan terlihat tanpa perlu merubah setup motor. Di Mugello kami hanya mengganti komponen sasis tanpa menyentuh hal lainnya dan aku lebih cepat daripada menggunakan versi sebelumnya (GP11.1). Aku mendapatkan feeling yang lebih baik pada front end dan motor terasa lebih gesit. Kami masih punya banyak pekerjaan dan ketika kamu membuat perubahan besar maka kamu butuh paling sedikit 4 atau 5 kali percobaan untuk mendapatkan solusi yang tepat. Ini akan membutuhkan waktu, jadi kami telah memutuskan untuk menganggap balapan akhir pekan ini seperti sesi latihan."

Ducati yang sebelumnya menguji versi aluminium dari struktur carbon fiber dengan Vittoriano Guareschi menemukan bahwa udara di dalam kotak udara mendekati temperatur 100°C. Rossi memberi komentar mengenai hal ini, "Masalah panas tidak muncul di Mugello, tapi ini adalah masalah yang bisa dipecahkan."

Walaupun masih diselimuti oleh berbagai masalah, tapi Tim Ducati tetap berfokus untuk menyongsong musim 2012.

"Kami akan terus bekerja seperti yang pernah aku jelaskan sebelumnya. Kami tidak merubah setup terlalu drastis dan kami akan membuat perbandingan antara komponen sasis baru dengan yang lama di sasis carbon fiber. Aku tidak mengharapkan keajaiban karena pembalap lain juga saat ini sangat cepat dengan motor yang bekerja dengan baik. Stoner dan Hayden bisa membalap dengan baik pada tahun lalu, tapi aku mengalami balapan yang buruk. Kelihatannya Ducati cocok untuk trek ini, kita lihat saja nanti."

Arsip Sobat46