20 November 2012

Burgess dan Kru Diizinkan Ikut ke Yamaha

Setelah kabar yang sedikit mencemaskan bahwa Yamaha akan mengkaji ulang apakah akan memperbolehkan Rossi kembali membawa krunya, akhirnya dikonfirmasi bahwa kru setia Rossi juga akan kembali ke Yamaha menemani Rossi. Tidak lupa juga kepala kru, Jeremy Burgess, yang sejak Rossi melakukan debut di kelas premier dengan setia membantu Rossi dari balik garasi dengan menyiapkan motor dengan setelan terbaik. Rossi juga pernah berkomentar bahwa dirinya tidak bisa membayangkan membalap tanpa Burgess dan kru setianya.

"Bahkan sangat sulit membayangkan membalap tanpa timku. Rasanya seperti jika kamu hidup dengan istrimu selama 25 tahun dan sangat sulit membayangkan untuk hidup tanpanya."

Kali ini Burgess memberikan komentarnya panjang lebar menanggapi beberapa pertanyaan yang dilontarkan kepadanya.

Bagaimana perasaanmu kembali ke Yamaha?


"Sebenarnya lebih ke pembalapnya. Pastinya (Rossi) kembali karena dia merasa bisa mendapatkan sesuatu yang berbeda di Yamaha dan jelas mereka memberikan kesempatan untuknya, jadi mereka juga percaya. Kamu bisa menyebutnya jalan hidup kembali ke sana dan semua orang akan menunggu."

Valentino pernah mengatakan bahwa dia tidak bisa membayangkan balapan tanpa krunya. Apakah kamu merasakan hal yang sama?

"Sejak tahun 2000 hingga saat ini, kami telah melalui masa senang dan susah bersama-sama. Dengan mendapatkan kesempatan, aku pikir ada sesuatu yang bisa kita capai dalam olahraga ini. Semua orang terbiasa dengan sistem Yamaha dan bagaimana cara kerja Yamaha. Mereka juga terbiasa dengan cara kita kerja, jadi seperti mencolokkan alat listrik dan kembali pada keadaan pada saat kita tinggalkan dulu."


Apakah kamu sudah berpikir untuk pensiun?

"Aku selalu ingin melakukan yang terbaik untuk pembalap. Aku selalu ingin menjalani hingga suatu hari dimana dia berhenti membalap dan itu yang telah aku lakukan sejak masa lalu dengan Mick (Doohan). Aku tidak ingin mengacaukan targetnya dan selama aku berpikir bahwa aku bisa berkontribusi, aku lebih dari senang untuk tetap di sini dan aku memang ingin tetap di sini. Kemungkinan besar aku tidak akan melanjutkan dengan generasi berikutnya."

Jadi, kamu tidak pernah ragu ketika Valentino teken kontrak dan kamu ikut dengannya?

"Selalu saja ada keraguan karena pembalap yang kembali itu merupakan sesuatu hal yang berbeda. Secara historis, ketika pekerja telah keluar pada masa lalu, tidak selalu mudah untuk kembali. Hal itu selalu sama terlepas pada industri apa kamu berada namun itu tidak selalu menjadi kesimpulan akhir. Tapi Yamaha tahu kami semua dan orang-orang yang sama masih di sana, jadi seharusnya tidak akan terlalu sulit."

Apakah dengan mengetahui Yamaha dengan baik, maka pekerjaan untuk mempersiapkan musim 2013 jadi lebih mudah?

"Aku pikir hal itu tidak akan pernah mudah. Kita mengerti bagaimana cara kerja di Ducati dan di garasi, sistem dan strategi itu sama di semua garasi yang pernah aku diami. Aku pikir tidak akan ada kesulitan yang nyata. Aku tidak bilang kalau itu akan mudah, tapi pastinya tidak akan terlalu sulit."

Apa yang bisa Valentino bawa ke Yamaha pada tahap kariernya saat ini?

"Pengalamannya. Yamaha jelas sangat senang dengan apa yang dia lakukan pada masa lalu, jika tidak tentu kita tidak akan memiliki kesempatan untuk kembali seperti saat ini. Mendapatkan konfirmasi antara Jorge dan Valentino pada hal pengembangan motor mungkin bijaksana bagi Yamaha, dengan Honda yang saat ini terlihat memiliki sedikit keunggulan. Mereka berdua akan menjadi pembalap yang paling berpengalaman di trek dan itu akan sangat penting bagi Yamaha."

Arsip Sobat46