19 October 2010

Yamaha Tak Lupa Balas Budi

Sekali lagi Rossi menjadi pusat perhatian, karena pembalap Italia ini mendapatkan izin dari Yamaha untuk mencoba motor Ducati setelah balapan di Valencia. The Doctor mendapatkan dua kali podium ketiga dan sekali kemenangan dalam tiga balapan terakhir, dimana poin terbayak yang diraih dibandingkan pembalap lainnya dalam tiga balapan terakhir.

"Kalau saya berfikir saat sebelum saya menyelesaikan ketiga balapan terakhir ini, saya tidak bisa mengatakan apapun kecuali senang. Kita melakukan pertarungan yang hebat lagi pada hari ini dengan Nicky Hayden. Sebenarnya kami membalap bersama-sama hampir selama balapan, mungkin kami lebih banyak menghabiskan waktu untuk saling membantu dibandingkan dengan berduel. Mungkin aku sedikit membantunya menjauh dari Spies dan Simoncelli, tapi ada di beberapa bagian trek dimana Hayden lebih cepat dari aku."

Jadi apakah kamu senang?
"Saya merasa senang, tapi kami sangat kesusahan pada saat latihan dan kualifikasi untuk mendapatkan keseimbangan yang bagus pada motor. Aku berharap dapat lebih cepat. Mulai dari posisi kedelapan dan tidak yakin bagaimana motor kamu akan bereaksi tentu tidaklah ideal. Kami mendapatkan ide bagus pada saat sesi pemanasan di pagi hari dan kami harus melanjutkan kerja pada arah tersebut."

Ide seperti apa?
"Dua atau tiga bagian untuk disetel yang mana kami masih harus membahasnya secara mendalam. Penyetelan ini supaya membantuku mendapatkan racing line yang lebih baik, arah yang lebih linier dan mulus pada saat melewati tikungan."

Apakah kamu gembira melihat Ducati sangat cepat?
"Ya, dengan pertimbangan bahwa aku akan menggunakan motor itu tahun depan."

Ada berita tentang tes di Valencia?
"Aku sudah bicara dengan Furusawa, dia bilang kalau aku diperbolehkan untuk mencoba Ducati di Valencia. Aku pikir keputusan itu benar mengingat apa yang telah aku capai bersama Yamaha selama beberapa tahun ini. Jika mereka tidak mengizinkan untuk tes, sementara banyak kesempatan tes pada musim dingin sih gak apa-apa. Tapi itu bukan masalah lagi."

Jadi apakah kamu sudah memutuskan kapan akan melakukan operasi pada bahu?
"Aku akan melakukan pemeriksaan pada hari rabu atau kamis ini di Italy. Aku harap mereka tidak memberitahu bahwa kondisiku lebih para dan aku harus berhenti balapan sekarang. Aku ingin membalap di dua seri terakhir bersama Yamaha dan aku ingin mencoba Ducati di Valencia. Nanti aku beri tahu apa yang dokter katakan."

Arsip Sobat46