|
Paket aerodinamika 2010 - Ventilasi Tunggal Non Sayap |
Ducati menggunakan sayap untuk agar lebih aerodinamis memang
ide yang menarik, tapi terkadang dalam
praktek tidak sesuai dengan teori dan hasilnya, sayap yang ada pada fairing Desmosedici kini tidak digunakan lagi.
Coba bandingkan
fairing motor yang digunakan Rossi pada gambar di atas dengan
fairing yang diperkenalkan saat presentasi di Madonna di Campiglio pada gambar di bawah. Tidak hanya berbeda dari sayap, namun juga pada bagian depan
fairing. Sekarang motor Italia ini memiliki profil yang lebih lancip dan ventilasi berbentuk sirip hiu juga tidak digunakan lagi, kembali ke model ventilasi tunggal pada setiap sisi seperti yang digunakan pada musim 2010.
|
Paket aerodinamika 2011 - Ventilasi Sirip Hiu dan Bersayap |
Paket aerodinamik 2011 yang terdiri dari ventilasi sirip hiu dan sayap pada fairing Ducati telah ditolak oleh Rossi. Juara dunia sembilan kali ini mengatakan bahwa sayap ini malah membuat motor jadi kurang gesit dan membutuhkan tenaga lebih saat masuk tikungan. Rossi juga menambahkan bahwa kondisi ini diperparah oleh bahunya yang sedang dalam tahap penyembuhan, jadi mari kita lihat nanti ketika pembalap Italia ini sudah berada pada kondisi 100%.