Kepindahan Valentino Rossi dari Yamaha ke Ducati memang tidak semulus yang diperkirakan, karena terkendala oleh cidera yang melandanya. Ternyata hal ini bukanlah perubahan terbesar yang pernah dialami oleh Rossi dalam karirnya di balapan motor kelas premier, MotoGP.
The Doctor memenangkan gelar juara dunia 500cc terakhir bersama Honda pada tahun 2001 yang merupakan tahun keduanya bersama Honda dan kemudian langsung memenangkan gelar juara dunia pertama kelas 990cc di dua musim berikutnya, yaitu 2002 dan 2003.
Setelah itu Rossi yang pindah ke Yamaha kembali menyabet gelar jugara dunia pada tahun 2004 dan 2005. Pada dua tahun berikutnya Rossi banyak mengalami kendala teknis, khususnya dengan ban. Rossi memutuskan untuk berhenti menggunakan karet bundar buatan Michelin dan beralih ke Bridgestone pada musim 2008. Rossi membutuhkan empat balapan untuk bisa menang dengan ban asal pabrikan Jepang tersebut, sehingga Rossi bisa kembali mengoleksi tropi juara dunia 2008 dan 2009.
Rossi dan Loris Capirossi yang merupakan rekan senegaranya merupakan pembalap aktif MotoGP yang pernah menggeber motor kelas premier 500cc, 990cc, dan 800cc.
Kelas MotoGP akan menggunakan mesin 1000cc 4-tak mulai tahun 2012 nanti dan kontrak dua tahun Rossi bersama Ducati memiliki makna bahwa Rossi akan menjadi bagian dari era berikutnya.
"Pastinya dari 500cc ke 990cc merupakan perubahan yang paling besar. Tapi dari Yamaha ke Ducati merupakan perubahan yang besar jika dibandingkan dengan perubahan dari Honda ke Yamaha, karena Honda dan Yamaha lebih mirip dalam sudut padang tertentu."
The Doctor memenangkan gelar juara dunia 500cc terakhir bersama Honda pada tahun 2001 yang merupakan tahun keduanya bersama Honda dan kemudian langsung memenangkan gelar juara dunia pertama kelas 990cc di dua musim berikutnya, yaitu 2002 dan 2003.
Setelah itu Rossi yang pindah ke Yamaha kembali menyabet gelar jugara dunia pada tahun 2004 dan 2005. Pada dua tahun berikutnya Rossi banyak mengalami kendala teknis, khususnya dengan ban. Rossi memutuskan untuk berhenti menggunakan karet bundar buatan Michelin dan beralih ke Bridgestone pada musim 2008. Rossi membutuhkan empat balapan untuk bisa menang dengan ban asal pabrikan Jepang tersebut, sehingga Rossi bisa kembali mengoleksi tropi juara dunia 2008 dan 2009.
Rossi dan Loris Capirossi yang merupakan rekan senegaranya merupakan pembalap aktif MotoGP yang pernah menggeber motor kelas premier 500cc, 990cc, dan 800cc.
Kelas MotoGP akan menggunakan mesin 1000cc 4-tak mulai tahun 2012 nanti dan kontrak dua tahun Rossi bersama Ducati memiliki makna bahwa Rossi akan menjadi bagian dari era berikutnya.