17 November 2011

Ducati Gembira Dengan Perubahan Regulasi

Peraturan mengenai uji coba di kelas MotoGP telah mengalami perubahan dan ini jelas memberikan angin segar kepada tim merah Ducati untuk memangkas gap performa terhadap kedua rival utamanya, yaitu Yamaha dan Honda. Dengan mengendorkan regulasi mengenai larangan bagi pembalap untuk melakukan uji coba, berarti tahun depan Ducati bisa menggunakan bantuan dari Valentino Rossi dan Nicky Hayden untuk mengembangkan GP12 yang menggendong mesin 1000cc.

Namun peraturan tidak dibebaskan begitu saja, tetap masih ada hal-hal yang mengikat. Sirkuit yang akan digunakan untuk melakukan uji coba pun akan ditentukan oleh Dorna Sport selaku pihak penyelenggara. Namun dengan diperbolehkannya pembalap melakukan uji coba saja jelas sudah memberikan peluang yang bagus bagi pabrikan untuk bisa lebih cepat dalam mengembangkan motor.

Kuota sebesar 120 set ban Bridgestone setara dengan total 240 ban depan dan belakang akan diberikan khusus untuk dipakai dalam uji coba dalam satu musim. Jelas hal ini jauh lebih baik daripada harus bersandar pada test rider yang jauh lebih lambat dalam mengerjakan proyek pengembangan mesin Desmosedici yang krusial. Juara dunia sembilan kali, Valentino Rossi, mengeluhkan mengenai larangan uji coba in season yang berimbas pada terhambatnya pengembangan GP11 dan sebagai konsekuensinya Rossi dan Hayden akhirnya memperlakukan balapan akhir pekan sebagai sarana untuk uji coba motor mereka.

Berikut komentar Preziosi mengenai situasi yang terjadi saat ini.


"Pastinya dalam situasi ekonomi yang sulit begini, membiarkan Rossi tidur di kamarnya, bukannya mengendarai motor kami dan memberikan informasi mengenai apa yang kami butuhkan, sementara dia tetap dibayar, bukanlah cara yang efisien untuk menggunakan budget kami. Kami harus menghemat dana, jadi ada peraturan yang membatasi penggunaan ban karena kami hanya bisa menggunakan 240 ban dalam setahun. Hal tersebut tentunya membatasi biaya sewa trek, bahan bakar, mesin dan suku cadang. Pada batasan ini, jika kamu menyuruh test rider ataupun Valentino, itu tidak akan menghabiskan dana satu Euro-pun karena mereka berdua sudah dibayar, jadi ini adalah cara yang lebih logis."

Ducati yang pada tahun 2011 ini mengalami mimpi buruk, dimana Rossi dan Hayden masing-masing hanya berhasil mendapatkan satu podium.

"Hal tersebut tentunya tidak menyenangkan, tapi satu hal yang aku tahu yaitu kita harus bekerja pada level tertinggi untuk bisa merubahnya. Kita semua fokus untuk kembali menang."

Semoga perubahan regulasi ini menjadi titik terang Ducati untuk kembali ke winning ways.

Arsip Sobat46